10 Bahan Makanan Sehat Ini Cocok Dijadikan Stok di Kulkas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 23 Mar 2022 11:00 WIB
Tips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan Wadah
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Menyimpan bahan makanan di kulkas jadi kebiasaan banyak orang. Untuk mendukung pola hidup sehat, ini 10 bahan makanan yang cocok dijadikan stok di kulkas.

Adanya stok bahan makanan di kulkas bakal memudahkan kehidupan sehari-hari. Tak perlu repot mencarinya, kamu bisa langsung mengolah atau memasak bahan makanan yang ada untuk mengisi perut.

Mengenai jenisnya, stok bahan makanan di kulkas sebaiknya merupakan makanan sehat agar kamu termotivasi untuk hidup lebih sehat. Ada beberapa makanan yang cocok dijadikan stok.

Mulai dari bumbu makanan, sumber protein, produk susu, hingga buah, dan sayuran segar. Ini dia daftarnya seperti dirangkum Healthline (10/3/2022):

1. Kecap asin

Dari kategori condiment, kamu bisa menjadikan kecap asin atau soy sauce sebagai stok di kulkas. Rasa gurih asin bumbu ini bisa melezatkan berbagai makanan, mulai dari mie instan, sushi, dan banyak olahan sayuran.

Pastikan memilih soy sauce yang lebih sehat, yang kandungan sodiumnya lebih sedikit. Kamu bisa memeriksa label nutrisi saat hendak membelinya.

2. Telur

Tubuh memerlukan asupan protein setiap hari. Salah satu sumbernya, telur yang juga cocok disimpan di kulkas. Telur bisa tahan hingga 3 minggu saat disimpan di kulkas, namun hindari simpan telur di rak dekat pintu.

Menyimpan telur paling bagus di bagian rak dalam kulkas. Suhu idealnya sekitar 4°C. Kamu bisa memanfaatkan telur jadi beragam masakan enak. Bonus lainnya, telur juga kaya antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang jika dikonsumsi rutin bagus untuk kesehatan mata.

3. Kacang dan selai kacang

Selai kacangSelai kacang yang jadi sumber protein ini bagus disimpan di kulkas untuk mencegahnya bau tengik. Foto: iStock

Kacang dan selai kacang juga termasuk bahan makanan sehat yang bisa dijadikan stok di kulkas. Keduanya tinggi kandungan protein, serat, lemak sehat, dan antioksidan.

Setelah kamu membuka kemasan kacang atau selai kacang, paling bagus memang menyimpan sisanya di kulkas. Hal ini lantaran kacang tinggi kandungan lemak yang membuatnya rentan bau tengik.

4. Tahu

Selain enak, tahu juga tinggi protein. Kamu bisa mengolah tahu menjadi ragam sajian enak. Mulai dari dijadikan isian sup, ditumis bersama sayur, hingga digoreng sebagai camilan.

Tahu bisa disimpan lebih lama di kulkas. Caranya kukus tahu lebih dulu sebelum menyimpannya di wadah kedap udara. Cara lainnya adalah dengan menyimpan tahu di wadah kedap udara bersama air matang untuk merendamnya, tapi kamu perlu mengganti air ini secara berkala agar higienitas dan kualitas tahu terjaga.

5. Yogurt

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAWYogurt yang bisa menyehatkan usus ini bisa jadi stok camilan sehat yang disimpan di kulkas. Foto: iStock

Yogurt disukai banyak pelaku hidup sehat karena rasanya enak dan nutrisinya banyak. Utamanya mengandung probiotik yang menyehatkan usus.

Pilih yogurt kemasan yang relatif lebih sehat. Ditandai dengan kandungan gula yang rendah dan minim bahan tambahan. Kamu bisa menjadikan yogurt sebagai stok camilan bergizi, baik dengan cara dimakan langsung, dijadikan campuran smoothies, atau dimakan bersama potongan buah segar.

Lihat lagi halaman selanjutnya untuk tahu daftar bahan makanan sehat yang cocok dijadikan stok di kulkas.



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]