ADVERTISEMENT

5 Cara Simpan Bahan Makanan Segar, Paprika Bisa Awet 2 Bulan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 06:00 WIB
sandwich paprika
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menyimpan bahan makanan segar seperti buah dan sayur ada tipsnya, termasuk cara agar bahan makanan itu tahan hingga berbulan-bulan. Wanita ini bagikan cara praktisnya!

Ragam buah dan sayur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tak heran kalau banyak orang selalu menyimpan bahan makanan segar di rumah.

Sayangnya buah dan sayur sering cepat layu. Ketika layu, maka kualitas rasa, tekstur, hingga nutrisinya bakal jauh berkurang. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Mengutip Metro UK (28/1/2022), blogger makanan Amy Lynn Cross asal Washington, Amerika Serikat punya tips handal untuk menyimpan bahan makanan segar. Semuanya bisa kamu tiru agar stok buah dan sayur tidak terbuang sia-sia.

Berikut 5 cara simpan bahan makanan segar yang membuatnya awet selama beberapa minggu hingga bulan:

1. Paprika

Amy punya tips agar paprika bisa tahan sampai 2 bulan setelah dibeli. Ia bahkan menjamin paprika tetap memiliki tekstur renyah yang memuaskan selera. "Mencuci dan menyiapkan paprika tidak butuh waktu lama dan tidak memerlukan cara sulit," ujarnya.

Caranya, isi mangkuk besar dengan 10 cangkir air. Kemudian masukkan 1 cangkir cuka putih ke dalamnya. Rendam potongan paprika di dalam campuran ini selama 2 menit. Setelah itu, angkat paprika dan biarkan kering di tisu dapur.

Diamkan paprika yang basah ini sampai benar-benar kering selama beberapa jam. Setelah kering sempurna, kamu bisa memotong atau mengiris-iris paprika. Simpan di dalam kantong plastik lalu taruh di freezer sebagai stok.

2. Stroberi

Stroberi Pakai Keju ParmesanStroberi bisa tahan lebih lama jika sebelum disimpan dicuci dalam larutan air dan cuka putih lebih dulu Foto: iStock

Masih menggunakan larutan air dan cuka, kamu bisa membuat stroberi segar jauh lebih lama. Randam stroberi maksimal 3 menit. Jangan terlalu lama karena khawatir proses fermentasi segera berlangsung.

Setelah itu bilas stroberi dan taruh di tisu dapur agar kering. Durasinya memang agak lama. Setelah kering menyeluruh, masukkan stroberi ke stoples kaca yang bagian bawahnya sudah dilapisi tisu handuk.

Simpan stroberi dalam kulkas. Cara ini bisa mempertahankan kualitas stroberi sampai beberapa minggu. Sesekali cek stoples, jika ada embun, keluarkan kembali stroberi dan keringkan. Kalau sudah, masukkan lagi ke stoples kaca dan simpan di kulkas.

Lihat informasi cara simpan selada hingga bayam di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT