5 Cara Mudah Menyimpan Kentang Agar Awet Sebulan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 03 Des 2021 06:00 WIB
Cara Mudah Menyimpan Kentang Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kentang mudah diolah menjadi hidangan yang lezat. Kalau menyetok banyak kentang di rumah, cara menyimpannya perlu diperhatikan. Ikuti 5 tips berikut ini!

Kentang merupakan umbi-umbian yang kerap dikonsumsi sebagai alternatif pengganti nasi untuk sumber asupan karbohidrat. Biasanya diolah menjadi campuran sup, dijadikan kentang goreng ataupun mashed potato untuk teman makan steak dan burger. Di Indonesia kentang biasa diolah menjadi lauk, seperti sambal goreng kentang dan kentang mustofa.

Karena umum dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, banyak orang menyetok kentang dalam jumlah yang banyak. Agar tidak cepat membusuk, penyimpanan kentang juga perlu diperhatikan.

Dilansir dari Insider (25/11), ada beberapa tips menyimpan kentang yang baik dan mudah dilakukan. Tips yang diberikan tersebut bisa membuat kentang awet dan tahan hingga 1 bulan.

Berikut cara menyimpan kentang yang baik dan mudah dilakukan.

1. Pilih Kentang Berkualitas Baik

Cara Mudah Menyimpan KentangCara Mudah Menyimpan Kentang Foto: Getty Images/iStockphoto

Agar kentang awet tahan lama, sebaiknya memilih kentang berkualitas baik. Frank Muir yang merupakan Presiden dan CEO Komisi Kentang Idaho mengungkapkan kalau penyimpanan kentang dimulai dari supermarket.

Karena telah disimpan saat masih di supermarket, kamu perlu memilih kentang yang berkualitas baik. Carilah kentang yang bebas noda tanpa luka.

Pilih juga kentang yang memiliki kulit dengan tekstur rata dengan mata yang sedikit. Jangan memilih kentang yang berbintik hitam. Karena, kentang yang bernoda cenderung lebih mudah rusak dalam penyimpanan.

Baca Juga: 5 Restoran Klasik Zaman Belanda yang Buka Sejak Tahun 1920-an

2. Biarkan Kering

Kalau ingin kentang tetap memiliki kualitas yang baik dan tahan hingga 1 bulan, pastikan kentang dalam kondisi kering saat disimpan. Meski tergoda ingin membilas kentang dengan air ketika melihat kentang dipenuhi tanah, tahan keinginan tersebut.

Karena, kentang yang basah menyebabkan lingkungan yang terlalu lembab. Hingga menyebabkan timbulnya bau apek dan pembusukan yang lebih cepat.

Sebaiknya simpan kentang dalam kondisi kering dan tempat penyimpanannya juga tidak lembab. Kalau ingin digunakan barulah dicuci untuk menghilangkan tanah-tanah yang menempel di permukaan kentang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Bikin Kentang Ongklok Keju, Cocok Buat Pelengkap Steak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com