Daripada Minum Obat Diet Abal-abal, Konsumsi 5 Rempah Ini Untuk Turunkan BB

ADVERTISEMENT

Daripada Minum Obat Diet Abal-abal, Konsumsi 5 Rempah Ini Untuk Turunkan BB

Devi Setya - detikFood
Kamis, 17 Mar 2022 07:00 WIB
Curcuma longa, powder and rhizomes - complementary medicine
Foto: Getty Images/ollo
Jakarta -

Belum lama ini heboh kasus obat diet abal-abal. Padahal sebenarnya ada banyak obat diet alami seperti rempah yang ampuh menurunkan berat badan.

Saat ini mudah menemukan obat diet di pasaran. Ada yang harganya murah ataupun mahal, semua mengklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Namun ada obat diet abal-abal yang justru memberikan efek negatif pada kesehatan.

Spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik, dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, menjelaskan, obat pelangsing seharusnya tidak bersifat diuretik atau meluruhkan kencing terus-menerus, dan bukan obat pencahar.

"Banyak orang yang menjual, bahkan ada yang bukan dokter meramu itu banyak sekali. Terutama yang bisa meningkatkan metabolisme energy expenditure, sedikit-sedikit keringetan. Tapi kita mesti hati-hati, karena banyak yang kasih misalnya obat pencahar supaya pup terus," ujarnya kepada Detikcom (7/3).

Sebenarnya untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan diet alami. Misalnya dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Bisa juga dibantu dengan bahan alami seperti rempah.

Dilansir dari Healthline (16/3) ada beberapa rempah yang ampuh menurunkan berat badan. Rempah ini bukan hanya membuat makanan jadi enak tetapi juga dapat diandalkan sebagai obat diet alami.

Berikut beberapa rempah yang memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan:

1. Kunyit

Kunyit sering diandalkan sebagai obat herbal untuk berbagai masalah kesehatan. Kandungan antioksidan dalam kunyit membantu mengatasi masalah kesehatan seperti sakit perut, gangguan metabolisme hingga mengatasi obesitas. Tak heran kalau kunyit juga banyak dijadikan obat diet alami.

Secara alami, kunyit mampu menekan pertumbuhan jaringan lemak dalam tubuh. Dengan demikian kunyit membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal, kunyit bisa dikonsumsi secara rutin. Kunyit juga aman dikonsumsi setiap hari sebagai campuran makanan atau minuman. Konsumsi kunyit ini juga harus diimbangi dengan mengatur pola makan dan olahraga yang teratur.

Manfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga ImunitasKayu manis jadi campuran minuman Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Kayu manis

Aromanya yang harum menjadikan kayu manis banyak ditambahkan dalam masakan dan minuman. Kayu manis juga memiliki rasa khas yang membuat makanan jadi lebih menggugah selera. Selain nikmat, kayu manis juga ampuh membantu menurunkan berat badan.

Kandungan alami kayu manis memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk menurunkan berat badan. Antimikroba pada kayu manis ini membantu mengurangi respon negatif tubuh terhadap makanan yang mengandung lemak tinggi. Di samping itu, kayu manis juga menekan nafsu makan.

3. Kapulaga


Selain jadi bumbu masakan, kapulaga juga biasa dicampur pada minuman. Di Arab, kapulaga dijadikan campuran untuk kopi rempah. Rasanya yang pedas dan beraroma khas menjadikan kapulaga sering ditambahkan pada makanan maupun minuman.

Konsumsi kapulaga bisa meningkatkan metabolisme. Rempah ini juga bersifat diuretik alami yang membuat tubuh membuang kelebihan garam lewat urine. Meskipun bersifat diuretik tetapi efeknya tidak berbahaya.



Simak Video "Lada Jadi Rempah Indonesia yang Paling Diminati Pasar Internasional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT