Bangkitkan Gairah! Ini 7 Makanan yang Terbukti Sebagai Afrodisiak Alami

ADVERTISEMENT

Bangkitkan Gairah! Ini 7 Makanan yang Terbukti Sebagai Afrodisiak Alami

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 10 Mar 2022 19:30 WIB
Young couple sitting on the floor enjoying the Christmas night
Foto: iStock
Jakarta -

Meningkatkan gairah seksual bisa melalui cara alami. Salah satunya mengonsumsi makanan yang terbukti sebagai afrodisiak alami. Mulai dari cokelat hingga alpukat, berikut daftarnya.

Selama ini beredar mitos soal konsumsi makanan tertentu bisa membangkitkan gairah seksual, salah satunya tiram. Makanan tersebut dianggap memiliki afrodisiak atau "zat yang mampu meningkatkan gairah seksual."

Makanan itu pun kerap disebut 'afrodisiak alami'. Ternyata bukan sekadar mitos, peneliti membuktikan kalau makanan afrodisiak ini benar-benar bisa membangkitkan gairah seksual karena nutrisinya.

Prinsip dasarnya, konsumsi makanan ini bisa memperlancar sirkulasi darah, menyeimbangkan kadar hormon, dan meningkatkan vitalitas. Tiga hal ini merupakan 'kunci' untuk membangkitkan gairah seksual.

Mengutip Byrdie (20/1/2022), inilah 7 makanan yang terbukti sebagai afrodisiak alami:

1. Cokelat

Cokelat punya sejarah panjang. Konon suku Maya dan Aztec meyakini cokelat adalah makanan para dewa. Penduduk suku Aztec juga mengatakan bahwa cokelat adalah afrodisiak. Konsumsinya dikaitkan dengan kekuatan seksual dan peningkatan gairah.

Dilihat dari sisi ilmiah, sebuah penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, mengungkap ada hubungan antara konsumsi cokelat setiap hari dengan peningkatan gairah seksual. Penelitian ini dilakukan pada wanita di Italia Utara sebagai partisipan.

Perlu dicatat bahwa faktor lain seperti usia mungkin mempengaruhi hasil ini, namun cokelat diungkap peneliti mengandung bahan kimia yang berkaitan dengan gairah seksual. Bahan tersebut adalah triptofan, bahan penyusun serotonin yang dikenal dapat meningkatkan rasa nikmat saat berhubungan seksual.

2. Alpukat

5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan PencernaanAlpukat termasuk makanan afrodisiak dengan kandungan vitamin B yang meningkatkan vitalitas. Foto: iStock

Siapa sangka alpukat juga termasuk makanan yang terbukti sebagai afrodisiak alami? Buah kaya lemak sehat ini disebut penduduk suku Aztec, 'ahuacatl' dimana beberapa orang menyebut artinya 'testis'. Hal ini terkait bentuk buah alpukat dan pola tumbuhnya.

Mengenai pandangan dari sisi ilmiah, ahli gizi Serena Poon mengatakan alpukat menawarkan manfaat kesuburan. "Alpukat mengandung vitamin E yang telah terbukti mendukung kesuburan pada pria maupun wanita," katanya. Poon juga menambahkan alpukat kaya vitamin B yang bisa meningkatkan energi dan vitalitas.

3. Ginseng

Kaisar Shen-Nung, yang dikenal sebagai bapak pengobatan Tiongkok, konon menggunakan ginseng sebagai afrodisiak untuk merangsang gairah seksual dan mengatasi disfungsi ereksi. Poon menjelaskan, dalam sebuah penelitian tahun 2012 terungkap kalau ginseng diperkirakan sudah ditemukan lebih dari 5.000 tahun lalu. Sejak saat itu ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional China sebagai peningkat libido.

Komponen ginsenoside pada ginseng disebut bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dan jaringan gonad secara langsung. Efeknya bisa tercapai relaksasi. Poon juga mengatakan ginseng merah khususnya, mendukung vitalitas dan kekuatan pria di ranjang. Akar ginseng bisa dinikmati dalam bentuk teh atau dibuat campuran sup.

4. Madu

Madu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat SehatnyaKonsumsi madu bisa menyeimbangkan hormon yang merupakan salah satu kunci libido sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/amriphoto

Menyebut bahan alami berkhasiat tak bisa meninggalkan madu yang kaya khasiat. Madu juga berfungsi dalam hal seksual. Madu diungkap peneliti mengandung senyawa untuk menyeimbangkan hormon, termasuk estrogen dan testosteron yang penting untuk memiliki libido sehat.

Ahli gizi Lisa Richards menuturkan, "Madu juga padat kandungan boron yang bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh." Konsumsi madu konon juga dilakukan peneliti Yunani kuno, Hippocrates untuk mempertahankan kekuatan di ranjang.

Di halaman selanjutnya masih ada rekomendasi makanan afrodisiak.



Simak Video "Chillax, Tempat Nongkrong ala Eropa di Sudirman yang Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT