Sering Minum Wine Ternyata Bikin Kadar Kolesterol Naik, Ini Sebabnya

Devi Setya - detikFood
Rabu, 09 Mar 2022 10:30 WIB
Wine Ternyata Bikin Kadar Kolesterol Naik
Foto: Getty Images/iStockphoto/freeskyline
Jakarta -

Bukan hanya makanan berlemak saja yang memperburuk kolesterol. Ternyata konsumsi wine juga turut membuat kolesterol menumpuk dalam tubuh.

Kolesterol merupakan jenis lemak yang ada di dalam tubuh yang dapat meningkatkan sekaligus menurunkannya kesehatan tubuh. Faktor gaya hidup memiliki peran besar pada kadar kolesterol.

Secara alami tubuh membutuhkan kolesterol agar tetap sehat. Namun, ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh yakni HDL atau kolesterol baik dan LDL atau disebut kolesterol jahat.

Wine Ternyata Bikin Kadar Kolesterol NaikWine Ternyata Bikin Kadar Kolesterol Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/freeskyline

High-density lipoprotein (HDL) digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan beberapa organ tubuh lainnya. Di sisi lain, terdapat juga low-density lipoprotein (LDL) yang berbahaya bagi tubuh.

Kolesterol jahat ini terbentuk menjadi plak dan menyumbat pembuluh arteri, jika kondisinya semakin buruk maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar kolesterol seseorang.

Dilansir dari Daily Express (8/3) tingkat kolesterol pada tubuh seseorang dipengaruhi oleh kebiasaan gaya hidup seperti merokok, minum minuman alkohol, dan aktivitas hariannya.

Minum alkohol ternyata secara signifikan dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Badan amal Heart UK menjelaskan: "Ketika Anda minum alkohol, lemak itu dipecah dan dibangun kembali menjadi trigliserida dan kolesterol yang mengendap di hati. Jadi, minum alkohol meningkatkan trigliserida dan kolesterol dalam darah.


"Jika kadar trigliserida terlalu tinggi, zat ini dapat menumpuk di hati. Hal ini menjadi akar dari penyakit hati berlemak. Hati tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dan tidak dapat menghilangkan kolesterol dari darah, sehingga efeknya kadar kolesterol meningkat."

Minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kombinasi kadar trigliserida tinggi bersama dengan kolesterol HDL rendah. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan penyakit jantung.

Meskipun memberi pengaruh negatif pada kolesterol dalam tubuh, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa sama sekali mengonsumsi minuman beralkohol. Batasi konsumsinya dan iringi dengan pola hidup sehat.

National Health Service (NHS) di Inggris merekomendasikan porsi minuman alkohol bagi orang dewasa. Dalam seminggu setidaknya maksimal mengonsumsi 14 gelas. Jika berlebihan maka berbagai efek negatif pun akan dirasakan tubuh.

Selain mengurangi konsumsi alkohol, ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol LDL seperti diet seimbang, berhenti merokok, dan berolahraga secara teratur. Untuk diet, dianjurkan mengurangi makanan berlemak seperti daging berlemak.

Kamu juga bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti ikan yang mengandung lemak omega-3, beras merah, roti, pasta, kacang-kacangan, buah dan sayuran. Semua makanan ini mengandung gizi tinggi untuk membantu menurunkan kolesterol.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)