Hari Obesitas Sedunia, Ini 8 Pola Makan untuk Cegah Kelebihan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 04 Mar 2022 15:00 WIB
Pola makan mencegah obesitas
Foto: iStock
Jakarta -

Pada Hari Obesitas Sedunia ini bisa jadi momen untuk menyadari betapa pentingnya untuk mencegah obesitas. Hal tersebut bisa dimulai dengan memperhatikan pola makan sehat.

Hari Obesitas Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 4 Maret. Obesitas adalah kondisi terjadinya penumpukan lemak pada tubuh yang berakibat tidak seimbangnya asupan energi dan yang dikeluarkan.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, risiko obesitas harus diwaspadai. Sebab tak sedikit dari pengidap COVID-19 yang meninggal dunia karena memiliki komorbid obesitas.

Mencegah obesitas penting untuk dilakukan. Cara mencegahnya adalah dengan menjalani pola makan sehat. Hindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan berat badan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 8 tips pola makan mencegah obesitas:

1. Kurangi Asupan Gula dan Kalori Cair

Pola makan mencegah obesitasPola makan mencegah obesitas dengan mengurangi gula dan kalori cari Foto: iStock

Mencegah obesitas bisa dilakukan mulai dengan mengurangiasupan gula, terutama pada penggunaan gula tambahan untuk makanan dan minuman. Banyak mengonsumsi gula bisa menimbulkan penyakit.

Mulai dari penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Biasanya gula tambahan banyak dipakai pada minuman kemasan. Selain gula, minuman tersebut juga mengandung kalori cair yang bisa menyebabkan obesitas.

Baca Juga: Sering Konsumsi 'Junk Food' Bisa Memicu Risiko Diabetes, Ini Kata Ahli Gizi

2. Cukupi Asupan Protein Harian

Protein merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang dan tahan lama. Cukup mengasup protein harian dapat mendorong keinginan untuk ngemil dan terus-terusan makan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menjalani diet tinggi protein akan makan lebih sedikit dari 400 kalori per hari. Protein juga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Pola makan mencegah obesitasPola makan mencegah obesitas dengan melakukan diet karbohidrat Foto: iStock

Jika dimakan berlebihan, karbohidrat bisa menjadi pemicu terjadinya obesitas. Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Bahkan 3 kali lebih besar daripada diet rendah lemak. Membatasi karbohidrat perlu diimbangi dengan makan lemak banyak lemak sehat dan protein yang akan mengurangi nafsu makan.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Baru Bernuansa Bali di Serpong, Makanannya Juara!"
[Gambas:Video 20detik]