7 Makanan yang Menurunkan Kesuburan Pria, Ini Kata Dokter

Devi Setya - detikFood
Jumat, 04 Mar 2022 05:00 WIB
Makanan yang Menurunkan Kesuburan Pria
Foto: Getty Images/pixelfit
Jakarta -

Kesuburan pria dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu yang terpenting adalah kualitas dan kuantitas sperma. Ada makanan yang harus dihindari para pria jika ingin meningkatkan kesuburan.

Pasangan yang sedang menjalani program hamil (promil) sebaiknya menjaga pola makannya. Bagi pria, ada beberapa makanan yang harus dihindari karena berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas sperma.

Dokter Ema Surya Pertiwi, seorang dokter muda yang juga dikenal sebagai vlogger ini menyebutkan ada beberapa makanan yang berpotensi menurunkan kesuburan pria. Makanan tersebut meliputi daging olahan hingga kacang kedelai.

Sosis yang Bisa Jadi Menu Pesta Tahun BaruSosis salah satu produk daging olahan Foto: Getty Images/iStockphoto/Studioimagen73

Dalam video yang diunggah lewat YouTube channel Emasuperr (8/2), wanita asal Pasuruan ini membeberkan makanan yang sebaiknya dihindari para pria jika ingin memiliki sperma berkualitas. Makanan pertama yang disebut dr Ema adalah daging olahan seperti bacon, sosis, kornet hingga dendeng.

Menurut dr Ema, daging olahan ini telah mengalami serangkaian proses dan mengalami penambahan bahan kimia. "Daging olahan terbukti menurunkan kesuburan pria yang sedang menjalani promil. Jadi disarankan untuk menghindari daging olahan," ujar dr. Ema.

Lebih lanjut, dr Ema justru menyarankan untuk mengonsumsi daging merah alami, daging unggas atau ikan untuk menambah asupan protein. Dengan demikian, cara ini membantu meningkatkan kesuburan pria.

Makanan selanjutnya yang juga berpotensi menurunkan kesuburan pria adalah susu sapi tinggi lemak. Disebutkan bahwa susu sapi tinggi lemak berefek negatif pada kualitas dan kuantitas sperma pria.

Ada juga makanan tinggi lemak trans, makanan yang mengandung BPA serta konsumsi alkohol berlebihan. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus makan makanan ini juga memperburuk kualitas sperma.

assorted junk foodFast food Foto: iStock

"BPA bukan hanya menurunkan kesuburan pada wanita tetapi juga pada pria. Makanan mengandung BPA biasa ditemukan pada makanan kaleng, makanan yang dibungkus steroafoam, makanan panas yang dibungkus plastik, mie instan dengan steroafoam," beber dr Ema.

Selain harus mengurangi konsumsi alkohol, para pria yang ingin tetap subur juga harus menghindari konsumsi kafein secara berlebih. Kafein yang dimaksud di sini bukan hanya kafein pada kopi dan teh tetapi juga yang terkandung dalam minuman soda dan minuman berenergi.

"Kalau sesekali boleh, satu atau dua cangkir per hari masih aman. Lebih dari 6 gelas kopi perhari bisa menurunkan kesuburan pria," kata dr Ema.

Dan terakhir ada kedelai yang juga menurunkan kualitas sperma sehingga mengganggu kesuburan pria. Kedelai menurunkan produksi sperma sehingga bagi para pria disarankan untuk mengurangi konsumsi kedelai dan produk olahannya.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Baru Bernuansa Bali di Serpong, Makanannya Juara!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)