15 Makanan Paling Bersih karena Minim Paparan Pestisida Menurut Pakar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 04 Mar 2022 08:00 WIB
Sup Jagung Manis Daging Asap
Foto: iStock
Jakarta -

Penggunaan pestisida yang berlebihan pada bahan makanan bisa merugikan kesehatan dan lingkungan. Pakar mengungkap ada 15 makanan yang paling minim paparan pestisida.

Pestisida diberikan pada buah dan sayur agar awet dan terhindar dari serangan hama saat proses penanaman. Namun sayangnya, penggunaan pestisida yang berlebihan membawa dampak buruk, baik untuk kesehatan maupun lingkungan.

Dampak untuk kesehatan, konsumsi residu pestisida yang menempel pada buah dan sayur bisa memicu gangguan reproduksi, penyakit parkinson, hingga kanker. Banyak penelitian telah dilakukan dan mengungkap hal di atas.

Untuk lingkungan, penggunaan pestisida bisa mengontaminasi lahan dan perairan. Penggunaan pestisida yang berlebih bahkan akan membuat halma dan gulma resisten pada pestisida.

Karenanya sebagai panduan konsumen, para pakar dari The Environmental Working Group (EWG) mengungkap daftar makanan yang paling minim paparan pestisida. Daftar ini dikenal dengan sebutan Clean Fifteen.

Mengutip Eat This, Not That (1/3/2022), berikut 15 makanan paling minim paparan pestisida:

15. Cantaloupe

Orang Indonesia mengenalnya sebagai melon oranye. Inilah cantaloupe yang minim paparan pestisida karena kulit buahnya yang tebal. Namun meski begitu, kamu tetap disarankan membilas kulit buah cantaloupe sebelum menyantapnya untuk menyingkirkan patogen berbahaya.

14. Honeydew melon

Selain cantaloupe, honeydew melon juga termasuk dalam daftar Clean Fifteen. Lagi-lagi karena peran kulit buahnya yang tebal sehingga bisa 'melindungi' daging buahnya dari paparan pestisida.

13. Jamur

jamur shitakeMeski tumbuh di atas tanah, jamur ternyata tergolong makanan yang minim paparan pestisida. Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Uniknya, meski jamur tumbuh langsung di atas tanah, jamur ternyata masuk makanan yang minim paparan pestisida. Jamur cukup dibersihkan dengan cara dilap dengan lap kering. Hindari merendamnya dalam air karena jamur bersifat menyerap air sehingga tekstur dan rasanya nanti bisa terpengaruh.

12. Kembang kol

Pencinta kembang kol boleh bersenang hati karena sayuran favoritnya tergolong minim paparan pestisida. Kembang kol mudah diolah dan memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya sumber serat yang membantu usaha penurunan berat badan.

11. Kiwi

Kiwi adalah buah rendah paparan pestisida yang bagus dikonsumsi rutin. Pastikan mengonsumsinya juga dengan kulitnya untuk mendapat asupan serat. Jangan lupa cuci dulu kiwi di bawah air mengalir selama 15-20 detik sebelum memakannya.

10. Kubis

Kubis punya fakta menarik karena sayuran ini memproduksi glukosinolat, senyawa yang mencegah serangga mendekat. Dengan kata lain, petani tidak perlu menggunakan banyak pestisida saat menanam kubis.

9. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhBrokoli memproduksi senyawa glukosinolat yang bisa menyingkirkan serangga secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto

Sama seperti kubis, brokoli juga memproduksi senyawa glukosinolat yang membuat hama atau serangga enggan mendekat. Tak heran ketika dites, brokoli masuk daftar makanan minim paparan pestisida.

8. Asparagus

Teksturnya renyah dan rasanya khas, asparagus juga punya keunggulan lain yaitu minim pestisida. Hal ini karena asparagus mengandung enzim yang bantu memecah pestisida yang menargetkan kumbang.

Daftar makanan minim paparan pestisida masih ada di halaman selanjutnya.