7 Cara Mengubah Pola Makan Menuju Hidup Lebih Sehat

ADVERTISEMENT

7 Cara Mengubah Pola Makan Menuju Hidup Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 03 Mar 2022 05:00 WIB
Minum Kopi TUlang
Foto: Istimewa
Jakarta -

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa angka obesitas terus meningkat. Ada tujuh cara yang bisa dilakukan untuk mengubah pola makan dan hidup agar jauh lebih sehat.

Menurut laporan World Health Organization atau WHO, angka obesitas di dunia setiap harinya semakin meningkat sejak tahun 1975 hingga hari ini. Semakin banyak informasi mengenai nutrisi justru diakui semakin sulit untuk mengerti mana nutrisi yang penting dan mana yang kurang dibutuhkan.

Walaupun beberapa makanan seperti olahan susu, telur hingga makanan berlemak menjadi fokus utama dan paling banyak dibahas di dunia, tetapi banyak konflik pada kalangan ilmuwan yang masih memperdebatkannya. Selain itu beberapa perdebatan juga terjadi membahas biji-bijian utuh hingga manfaat sayur-sayuran.

Makanan-makanan utuh seperti biji-bijian yang tidak melalui tahap proses, buah-buahan segar, sayuran hingga ikan segar semuanya digolongkan menjadi bahan makanan yang wajib dikonsumsi untuk tubuh yang lebih sehat. Ternyata ada beberapa cara lain yang bisa diterapkan untuk membuat kualitas tubuh jauh lebih sehat.

Baca juga: Curhat Orderan Sepi Sambil Minum Kopi Mahal, Pengantar Makanan Ini Bikin Netizen Emosi

Berikut ini 7 pola makan yang disarankan untuk membuat kualitas hidup sehat lebih tinggi menurut 24/7 Tempo (1/3):

Photo of attractive house, wife making perfect supper for family cut hen meat for new recipe dishWalaupun cukup sederhana ternyata memasak dan mneyiapkan makanan sendiri terbukti jauh lebih sehat dan hemat. Foto: iStock

1. Menyiapkan makanan sendiri

Saat kamu ada dalam kesempatan yang memungkinkan untuk memasak, sebaiknya siapkan makanan yang dimasak sendiri dan jangan membeli atau memesan dari luar. Gunakan bahan-bahan segar seperti sayur-sayuran dan perhatikan penambahan gula serta garam dalam makananmu.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli juga membuktikan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang melalui banyak proses dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi. Selain faktor kesehatannya, memasak makanan sendiri juga akan jauh lebih hemat dibandingkan memesan makanan dari luar.

2. Makan dalam porsi yang lebih kecil

Di restoran makanan biasanya disajikan dalam porsi yang lebih kecil. Makanan-makanan yang dihidangkan dengan porsi normal justru biasanya disajikan untuk dua hingga tiga orang dalam satu waktu makan.

Mengendalikan porsi makan dengan cara memesan menu kecil atau berukuran setengah porsi dikatakan jauh lebih baik. Solusi lainnya kamu juga bisa memesan satu menu dan menikmatinya sebagai menu sharing bersama teman-teman. Menurut sebuah penelitian, cara ini efektif untuk mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Baca juga: Ampuh! 5 Minuman Rempah Alami untuk Turunkan BB dengan Cepat



Simak Video "Mengeskplore Madeleine Coffee di Kafe Berusia 150 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT