5 Campuran Smoothie Rekomendasi Ahi Gizi yang Bikin Awet Muda

Devi Setya - detikFood
Senin, 28 Feb 2022 10:00 WIB
Fruit smoothie with mint leaves on wooden rustik table
Foto: iStock
Jakarta -

Smoothie bisa jadi pilihan minuman sehat yang enak dan tinggi nutrisi. Bahkan smoothie bisa dibuat dengan bahan yang bikin awet muda dan tetap sehat.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa beberapa makanan mengandung nutrisi yang bisa membuat tubuh terlihat awet muda. Makanan ini memiliki sifat anti penuaan sehingga ketika dikonsumsi secara rutin akan membantu membuat kamu terlihat tetap awet muda.

Jika kamu penggemar smoothie, cobalah meracik minuman ini dengan beberapa makanan anti penuaan. Dilansir dari Eat This (25/2) smoothie bisa jadi alternatif menu sarapan ataupun camilan sehat.

"Nutrisi, antioksidan, dan senyawa lain dalam makanan berperan dalam memperlambat penuaan dengan membantu mempertahankan pembelahan sel yang tepat dan membantu menjaga agar untaian DNA tidak terfragmentasi," kata Heidi Moretti, seorang ahli gizi di Sovereign Laboratories.

Kombinasi bahan makanan dengan sifat anti-penuaan dapat memperpanjang umur sekaligus membuat penampilan kamu awet muda.

Berikut beberapa bahan yang bisa jadi campuran smoothies dan bikin awet muda:

1. Blueberry


Blueberry mengandung antioksidan tertinggi dibandingkan buah lainnya. Menurut Morgyn Clair, MS, ahli gizi di Fit Healthy Momma, antioksidan membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu, Reda Elmardi, ahli gizi dan pemilik The Gym Goat, juga mencatat bahwa antioksidan dan vitamin lain dalam buah beri ini mendukung kesehatan mata dan otak seiring bertambahnya usia.

"Blueberry mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan memori dan koordinasi dan mengurangi risiko kanker," kata Ronald Smith. "Buah ini juga mengandung vitamin C, yang membantu produksi kolagen untuk kulit yang tampak lebih muda."

Dikatakan juga oleh Jeanette Kimszal, ahli gizi dari Root Nutrition & Education, blueberry mengandung senyawa khusus seperti fitokimia dan anthocyanin yang dapat melindungi dari penyakit jantung, kematian, dan penurunan kognisi.

Blueberry smoothies juice beverage healthy the taste yummy In glass drink episode morning on wooden background.Smoothie blueberry Foto: iStock

2. Matcha

"Teh hijau kaya akan polifenol, antioksidan yang dikenal dapat mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis dan kanker," kata Smith. "Teh hijau juga mengandung L-theanine, asam amino yang meningkatkan gelombang otak alfa untuk meningkatkan kapasitas belajar dan fokus."

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2003 dan diterbitkan dalam The Journal of Chromatography A menemukan bahwa matcha mengandung antioksidan hingga 137 kali lebih banyak daripada teh hijau biasa. Matcha juga mengandung kafein yang bisa menjadi dorongan energi saat mulai beraktivitas.

3. Alpukat

Alpukat adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik. Menurut Elmardi, alpukat terbukti mengurangi peradangan di seluruh tubuh sekaligus meningkatkan fungsi otak, kesehatan mata, dan kesehatan kardiovaskular.

Menurut Smith, mengurangi peradangan penting seiring bertambahnya usia karena menurunkan risiko radang sendi, penyakit jantung, dan kondisi peradangan lainnya.

Alpukat juga tinggi vitamin E yang membantu memperbaiki tekstur kulit dengan menjaganya tetap lembut dan kenyal. Dijelaskan pula dalam studi yang dilakukan tahun 2022 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, terungkap konsumsi alpukat meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit pada wanita.



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]