Jika Rutin Dikonsumsi, 5 Minuman Ini Bikin Panjang Umur

Devi Setya - detikFood
Senin, 21 Feb 2022 06:00 WIB
Minuman Ini Bikin Panjang Umur
Foto: Getty Images/iStockphoto/nerudol
Jakarta -

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh sehat, salah satunya dengan mengonsumsi minuman sehat. Menurut ahli gizi, ada beberapa minuman sehat yang berpotensi membuat panjang umur.

Menjalani pola hidup sehat bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, menjauhi junk food dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan demikian organ tubuh akan sehat, salah satu manfaatnya adalah bisa membuat umur lebih panjang.

Dilansir dari Eat This (20/2) para ilmuwan telah lama meneliti mengapa orang-orang di beberapa wilayah di dunia memiliki umur panjang. Ternyata hal ini berkaitan dengan pola makan yang dijalani.

Sebut saja misalnya orang-orang di wilayah Sardinia di Italia, Nicoya di Kosta Rika, Icaria di Yunani, dan Okinawa di Jepang yang rata-rata memiliki umur panjang. Bahkan orang-orang di daerah ini banyak yang hidup lebih dari 100 tahun.

"Kebiasaan hidup mereka, termasuk apa yang mereka makan dan minum. Bahkan ada penghargaan untuk umur panjang dan kesehatan mereka," kata Wendy Lord, ahli gizi dan konsultan untuk Sensible Digs.

Ada beberapa pola makan mereka yang bisa ditiru untuk mendapatkan manfaat yang sama. Termasuk minuman sehat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Jus buah, minuman prebiotik hingga teh dan kopi hitam menjadi daftar minuman sehat yang bisa dikonsumsi untuk membuat panjang umur.

Berikut beberapa minuman yang bisa dikonsumsi rutin agar panjang umur:

1. Minuman olahan sayuran dan buah

Wilayah dengan orang-orang berusia panjang biasa dikenal dengan istilah Zona Biru. Hampir 95% orang-orang di kawasan ini rutin menyantap sumber makanan nabati. Semakin beragam buah dan sayuran yang bisa diolah dalam asupan harian maka hasilnya akan semakin baik.

"Penelitian menunjukkan bahwa makan sepuluh porsi buah dan sayuran setiap hari dapat mencegah lebih dari 7 juta kematian dini yang disebabkan oleh penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya," kata Kim Dalzell, PhD, RD, pendiri Cancer Nutrition IQ.

"Terlepas dari seberapa muda atau tua usia seseorang, makanan nabati berpotensi membuat orang memiliki usia lebih panjang," lanjut Dalzell. "Ketika Anda mengonsumsi makanan nabati, sel-sel tubuh akan dibanjiri dengan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan. Zat ini juga dapat meningkatkan potensi umur panjang dan vitalitas Anda dengan melindungi dari racun, memperkuat kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan dan pembuluh darah. Minuman nabati juga bermanfaat untuk mencegah penuaan."

Semua buah dan sayuran juga mengandung vitamin dengan manfaat yang berbeda. Kamu bisa membuat smoothie dengan bahan buah dan sayuran segar.

jus delimaSegelas jus delima Foto: Getty Images/eli_asenova

2. Rutin minum jus delima

Selain punya rasa enak, jus delima juga memiliki segudang manfaat.

"Polifenol yang ditemukan dalam buah delima menawarkan tiga kali lebih banyak antioksidan dibandingkan anggur merah dan teh hijau. Zat ini melindungi dari kerusakan kulit akibat sinar matahari," kata Dalzell.

Selalu pastikan untuk mengonsumsi jus delima 100% tanpa tambahan gula. Kamu bisa membuat jus delima sendiri di rumah dan konsumsi setiap hari. Jus delima juga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

3. Konsumsi bubuk protein nabati


Biasanya minuman dengan campuran bubuk protein dikonsumsi oleh orang-orang yang rutin menjalani olahraga fisik. Padahal sebenarnya siapapun boleh mengonsumsinya asalkan dengan porsi dan takaran yang tepat.

"Minuman protein nabati bisa menjadi bahan bakar ketika hendak melakukan aktivitas berat," kata Dalzell. "Protein kedelai menjaga massa otot dan meningkatkan massa tubuh tanpa lemak, membantu mencegah pengecilan otot yang dikenal sebagai sarkopenia."

Ada banyak pilihan bubuk protein nabati seperti protein kadang kedelai dan kacang polong. Satu sendok bubuk protein nabati ini mengandung 100 kalori sehingga aman dikonsumsi saat sedang diet.

Protein kacang polong juga sangat tinggi serat, yang mengandung manfaat sebagai anti-penuaan, seperti mengurangi peradangan, melindungi persendian, menangkal diabetes, meningkatkan kesehatan usus, dan mengurangi kolesterol.



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]