Susu Kentang Diprediksi Bakal Populer karena Nutrisinya Istimewa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 20 Feb 2022 06:00 WIB
Susu Kentang Diprediksi Bakal Populer karena Nutrisinya Istimewa
Foto: iStock/Facebook
Jakarta -

Tahun lalu, banyak pakar memprediksi susu kentang bakal populer pada 2022. Bukan tanpa alasan, susu kentang punya keistimewaan dari segi nutrisi seperti tinggi kalsium dan rendah gula.

Banyak orang kini mulai beralih mengonsumsi 'susu' nabati dari bahan makanan almond, kedelai, dan oat. Meski secara teknis, sari tersebut tidak bisa disebut susu, namun tekstur dan warnanya yang menyerupai susu sapi kerap membuat sari-sari bahan nabati ini disebut susu.

Terbaru, ada 'susu' kentang yang disebut-sebut bakal populer. Selain ramah untuk pelaku vegan dan vegetarian, susu kentang memiliki banyak keistimewaan dari segi nutrisi.

Secara alami susu kentang rendah lemak jenuh dan gula, bebas kolesterol, dan memiliki kandungan kalsium setara susu sapi. Selain itu susu kentang tidak mengandung bahan pemicu alergi (alergen) seperti laktosa, kacang, atau gluten sehingga relatif aman dikonsumsi siapa saja.

Mengutip Oddity Central (9/2/2022), susu kentang juga punya keunggulan dari segi produksinya yang lebih ramah lingkungan. Kentang membutuhkan jauh lebih sedikit lahan tanah dan sumber daya untuk menanamnya. Tak hanya itu, harga kentang juga cenderung lebih murah dan bisa dijangkau masyarakat dari berbagai lapisan.

Susu Kentang Diprediksi Bakal Populer karena Nutrisinya IstimewaSusu kentang diprediksi bakal populer karena nutrisi dan proses pembuatannya yang lebih ramah lingkungan Foto: iStock

Saat ini di Inggris sudah muncul produk susu kentang komersial pertama di dunia bernama DUG. Kehadiran susu ini diharapkan menjadi alternatif yang bagus untuk berbagai produk susu hewani.

DUG dibuat oleh sebuah perusahaan Swedia. Rencananya mereka bakal memasarkan produk susu kentang ke negara-negara Eropa lain, begitu juga dengan China. Terdapat varian susu kentang Original, Tanpa Pemanis, dan Barista Blend yang berarti bisa dipakai untuk membuat campuran minuman kopi.

Mengenai komposisinya, susu kentang DUG juga dibuat dengan tambahan maltodekstrin, protein kacang polong, serat chicory, minyak rapeseed, fruktosa (gula), sukrosa (gula), pengatur keasaman, kalsium karbonat, lesitin bunga matahari (pengemulsi), hingga perasa alami. Ada juga campuran vitamin pada produk minuman ini.

Susu Kentang Diprediksi Bakal Populer karena Nutrisinya IstimewaDUG, produk susu kentang kemasan pertama di dunia hadir di Inggris Foto: Facebook

Kehadiran susu kentang DUG di pasar Inggris mendapat sambutan beragam. Salah satunya soal mereka yang mengomentari rasa susu kentang. Konon rasanya 'netral', namun ada yang mengeluhkan rasa asin setelahnya.

Dari segi nutrisi, beberapa orang mengkritisi minimnya protein pada susu kentang. Tiap 1 porsi susu kentang hanya mengandung 1 gram protein saja. Jumlah ini berbeda dengan susu kedelai yang proteinnya mencapai 8 gram per saji dan susu gandum sebanyak 3 gram per saji. Namun sebenarnya hal ini bukan masalah besar jika seseorang bisa mengasup kebutuhan protein harian dari sumber lainnya.

Untuk kamu yang penasaran dengan cita rasa susu kentang, susu nabati ini sebenarnya mudah dibuat sendiri di rumah. Ada banyak resep yang beredar di situs online. Pada dasarnya, kamu hanya perlu merebus kentang, mencampurnya dengan air, saring sari-sarinya, dan tambahkan air lagi sampai mencapai konsistensi yang diinginkan.



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)