7 Bumbu Dapur Ini Ampuh Redakan Rasa Gatal di Tenggorokan

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 26 Feb 2022 05:00 WIB
radang tenggorokan
Foto: iStock
Jakarta -

Nyeri dan rasa gatal pada tenggorokan semakin banyak dialami orang. Hanya butuh tujuh bumbu dapur ini untuk meredakan gatal pada tenggorokan yang mengganggu.

Akhir-akhir ini banyak gejala kesehatan yang dirasakan oleh seseorang. Perkembangan virus dan variannya membuat beberapa gejala seperti sakit tenggorokan, batuk hingga gatal pada tenggorokan terasa menakutkan.

Gatal pada tenggorokan yang begitu mengganggu menjadi musuh utama banyak orang saat ini. Ternyata beberapa bumbu dapur dapat membantu mengatasi rasa gatal pada tenggorokan.

Mengonsumsinya dengan cara diseduh maupun dicampurkan dalam makanan disebut dapat memberikan khasiatnya. Tanpa harus pergi ke supermarket atau apotek, tujuh bumbu dapur ini bisa dikonsumsi ketika tenggorokan mulai terasa gatal.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Pemicu Inflamasi yang Bisa Turunkan Imunitas

Berikut ini 7 bumbu dapur yang bisa membantu meredakan tenggorokan gatal menurut Times of India (7/2):

konsumsi garam dan hipertensiMengandung komponen antibakteri, berkumur dengan garam disarankan untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan. Foto: Thinkstock

1. Garam

Berkumur dengan air garam mampu meredakan tenggorokan yang gatal dan terasa nyeri. Cara menyiapkannya cukup mudah. Sediakan gelas dengan air hangat dan masukkan 1/4 sendok teh garam yang diaduk hingga merata.

Setelah garam larut, kumur pada pangkal tenggorokan selama 10 detik dengan larutan ini. Buang air yang ada di dalam mulut dan lakukan secara berulang hingga gelas kosong. Berkumur dengan air garam ini bisa dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

2. Merica dan Madu

Resep mengatasi gangguan tenggorokan dengan merica dan madu ini sebenarnya sudah diterapkan secara turun temurun. Sejak zaman nenek moyang, merica hitam dan madu memang digunakan sebagai pengobatan herbal untuk sakit tenggorokan, batuk, hingga demam.

Madu dikenal sebagai supresan khusus untuk mengatasi gangguan pada tenggorokan yang dapat meredakan gejalanya secara instan. Sedangkan merica memiliki kandungan antibakteri yang juga serupa dengan madu dan membantu menghasilkan duo khasiat yang baik untuk tenggorokan gatal.

3. Jahe

Jahe mengandung komponen gingerol yang dikenal sebagai 'obat' ampuh. Sejak bertahun-tahun lamanya, jahe memang sudah dikenal dan banyak digunakan pada resep-resep pengobatan tradisional rumahan.

Cukup hancurkan satu ruas jari jahe dan masukkan ke dalam panci. Kemudian tambahkan segelas air dan rebus hingga mendidih. Biarkan menggolak selama lima menit hingga airnya sedikit berkurang. Setelah itu rebusan jahe bisa disaring dan diminum selagi hangat.

Baca juga: 5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]