ADVERTISEMENT

Bisa Jadi Pengganti Kopi, Ini Menu Sarapan Praktis yang Sehat

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 22 Feb 2022 06:00 WIB
People drinking coffee high angle view
Foto: iStock

4. Tinggi Antioksidan

apple isolated on wood backgroundBuah apel menyehatkan. Foto: iStock

Alasan lain makan apel bagus untuk diet adalah karena buah ini tinggi antioksidan bernama quercetin. Antioksidan ini bisa mengurangi inflamasi di tubuh.

Dengan berkurangnya inflamasi atau peradangan, usaha menurunkan berat badan akan jauh lebih efektif. Andrews sebagai ahli gizi mengatakan inflamasi terkait dengan obesitas karena mempengaruhi bagaimana tubuh menggunakan insulin.

"Ketika kita mengalami resistensi insulin, tubuh kita dapat memproduksi lebih banyak insulin, yang pada akhirnya memicu kegemukan. Quercetin dapat mengubah senyawa pro-inflamasi dalam tubuh yang mencegah resistensi insulin," jelas Andrews.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan serat dalam apel juga mencegah penyerapan beberapa kolesterol makanan dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol keseluruhan. Ini dapat membantu menurunkan LDL, atau kolesterol "jahat". Menurunkan kolesterol membantu melindungi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Ohio State University menjelaskan bahwa konsumsi satu butir apel per hari selama 4 minggu berturut-turut akan menurunkan kadar zat yang terkait dengan penggumpalan darah sebesar 40%.

Baca Juga: 7 Minuman Pengganti Kopi Ini Bisa Bikin Mata Melek di Pagi Hari" selengkapnya



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT