ADVERTISEMENT

Bisa Jadi Pengganti Kopi, Ini Menu Sarapan Praktis yang Sehat

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 22 Feb 2022 06:00 WIB
People drinking coffee high angle view
Foto: iStock
Jakarta -

Kopi jadi menu sarapan utama banyak orang selama ini. Namun menurut beberapa ahli gizi, ada makanan untuk sarapan yang jauh lebih sehat use bagai pengganti kopi di pagi hari.

Mirip seperti air putih, bagi sebagian orang, minum kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas harian yang tidak bisa dilewatkan. Kopi dianggap sebagai penambah energi, hingga membuat mata lebih 'melek' di pagi hari.

Memang kopi memiliki beberapa manfaatnya sendiri untuk kesehatan. Namun menurut beberapa ahli gizi, ada menu sarapan pengganti kopi yang lebih sehat di pagi hari.

Dilansir dari Eat This Not That (21/02), berikut penjelasannya.

Baca Juga: Apa Benar Kebanyakan Minum Kopi Dapat Melemahkan Imunitas?" selengkapnya


1. Buah Apel Pengganti Kopi

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Buah Apel. Foto: iStock

Menurut beberapa ahli gizi, kopi bukanlah sumber minuman yang baik untuk mengawali hari, terutama bagi orang-orang yang tengah menurunkan berat badan atau mencegah penuaan.

Dari beberapa saran ahli gizi, ternyata apel bisa menjadi pengganti terbaik selain kopi di pagi hari. Apel punya banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti data yang dihimpun dari Cornell University. Minimal ada 13 gram gula alami yang ditemukan dalam satu buah apel.

Gula alami ini bisa memberikan respon yang serupa seperti kafein. karena vitamin-vitamin dari apel, secara perlahan dialirkan ke dalam tubuh membuat tubuh lebih segar dan tidak gampang mengantuk.

2. Manfaat Makan Apel Saat Sarapan

Dalam 100 gram apel, terdapat 52 kalori, 13,8 karbohidrat, 2,4 gram serat hingga kandungan gula alami sebanyak 10,3 gram. Kemudian terdapat juga kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, natrium, vitamin A, Zinc, sampai vitamin B2 yang sehat untuk tubuh.

Dengan dorongan dari gula alami apel ini, bisa membuat tubuh lebih tenang. Tanpa ada gangguan kecemasan atau perubahan suasana hati.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dana Ellis Hunnes, selaku ahli gizi senior di UCLA Medical Centre.

"Meski kafein merupakan kimia stimulan. Namun gagasan memberikan dorongan pada tubuh lewat gula alami dari apel cukup masuk akal. Karena akan memberi isyarat pada tubuh untuk mengenali waktu bangun kita, serta kandungan gula sehat ini bisa menyediakan energi untuk meningkatkan metabolisme tanpa memerlukan banyak kalori," ungkap Dana.

3. Apel Kaya Serat dan Air

Dana juga menjelaskan beberapa manfaat kesehatan bagi orang-orang yang rutin menyantap buah apel setiap harinya.

"Buah ini dikemas dengan banyak serat, yang membuat tubuh merasa lebih kenyang. Selain itu buah rendah akan kalori, namun sangat mengenyangkan dan rasanya juga enak. Buah ini juga mengandung air yang banyak. Di mana tubuh sering sekali dehidrasi di pagi hari, setelah tidur semalaman tanpa minum. Jadi kombinasi gula alami dan air ini bisa membantu tubuh lebih berenergi di pagi hari," sambung Dana.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT