Bapak-bapak! Ini 6 Makanan Alami yang Bikin Sperma Lebih Sehat

ADVERTISEMENT

Bapak-bapak! Ini 6 Makanan Alami yang Bikin Sperma Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 19 Feb 2022 07:00 WIB
tips kale
Foto: iStock

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam diketahui mengandung mikronutrien yang penting seperti asam folat. Asam folat merupakan bagian dari vitamin B yang sangat menguntungkan untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh.

Asam folat ini juga sangat dibutuhkan untuk menghasilkan sel sperma dengan kualitas terbaik. Ada tiga hal yang sangat terbantu dengan asam folat yaitu jumlah sel sperma, motilitas, hingga morfologinya.

4. Biji bunga matahari

Antioksidan sangat bermanfaat untuk membantu mencegah stres oksidatif yang dampaknya menurunkan kualitas sperma. Kebiasaan yang buruk, lingkungan yang tidak sehat atau bahkan penyakit dapat memengaruhi kualitas sperma hingga kesehatan genetik.

Biji bunga matahari diketahui sebagai sumber makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan pada sebuah penelitian kecil juga pernah dibuktikan konsumsi biji bunga matahari dapat meningkatkan vitalitas maupun motilitas pada kesuburan laki-laki.

manfaat kacang-kacangan untuk umur panjangSi kecil padat nutrisi ini juga cocok untuk dikonsumsi jika laki-laki ingin lebih subur. Foto: Getty Images/iStockphoto

5. Kacang-kacangan

Walaupun ukurannya kecil tetapi kacang-kacangan punya manfaat yang begitu besar. Kacang mengandung nutrisi untuk kesehatan yang begitu padat termasuk kesehatan untuk kesuburan organ reproduksi.

Kacang dilengkapi dengan nutrisi berupa asam lemak omega 3, vitamin E, selenium dan beberapa komponen yang dapat membantu meningkatkan kualitas sel sperma. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2012, konsumsi 75 gram walnut dikatakan sangat baik untuk meningkatkan vitalitas, motilitas dan morfologi pada pria.

6. Paprika

Bukan hanya asam lemak omega 3 dan vitamin E, kehadiran vitamin C juga sangat dibutuhkan untuk mendapatkan sel sperma dengan kualitas terbaik. Pada paprika terkandung vitamin A dan vitamin C serta antioksidan yang baik untuk menjaga sperma dari kerusakan oksidatif.

Vitamin C diketahui dapat meningkatkan motilitas dan meningkatkan morfologi untuk produksi sel sperma secara keseluruhan. Paprika juga cukup mudah untuk dikonsumsi. Tambahkan irisannya pada menu makanan setiap hari atau bisa dinikmati sebagai campuran salad.

Baca juga: 7 Pola Makan untuk Pasien Omicron Agar Cepat Pulih



Simak Video "Mengeskplore Madeleine Coffee di Kafe Berusia 150 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT