6 Makanan untuk Mengurangi Efek Samping Vaksin Booster COVID-19

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 18 Feb 2022 18:30 WIB
Makanan sebelum vaksin booster
Foto: iStock
Jakarta -

Seperti vaksin sebelumnya, vaksin booster juga memberikan efek samping. Efek samping COVID-19 tersebut bisa diminimalisir dengan makan makanan bernutrisi.

Vaksin booster atau vaksin ketiga telah diselenggarakan oleh pemerintah sejak 12 Januari. Penyelenggaraan vaksin booster ini juga telah direkomendasikan oleh WFO.

Penerima vaksin 3 ini untuk yang berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapat vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Dari para penerima vaksin booster ini banyak yang mengalami efek samping dan beragam. Mulai dari mulut terasa logam, mual, demam, pusing dan kelelahan.

Efek samping COVID-19 itu bisa diminimalisir dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, ada juga jenis makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum dan setelah vaksin.

Berikut makanan sebelum dan setelah vaksin:

1. Alpukat

Makanan sebelum vaksin boosterAlpukat merupakan makanan sehat sebelum vaksin booster Foto: iStock

Ahli gizi Liana Casusi mengatakan sebelum dan setelah vaksin booster harus menutrisi tubuh dengan lemak sehat. Lemak sehat tersebut yang akan menjaga kekebalan tubuh dengan baik.

"Memasukkan makanan yang punya sifat anti-inflamasi sebenarnya membantu fungsi kekebalan jangka panjang dan meningkatkan respon tubuh terhadap suntikan booster," ujar Liana.

Selain alpukat, kandungan lemak sehat juga bisa kamu dapatkan di minyak zaitun extra-virgin, alpukat, walnuts, ikan salmon, buah dan sayuran.

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Saat Terinfeksi Covid-19 Omicron

2. Teh Jahe

Ahli gizi Liana juga menganjurkan untuk tidak membiarkan perut kosong saat ingin vaksin booster. Pastikan untuk makan walau hanya sedikit agar tidak mual.

Kamu bisa mengonsumsi teh jahe yang akan memberikan efek hangat pada perut. Bukan hanya itu, mengonsumsi sup hangat juga ide bagus untuk menghindari efek mual setelah vaksin.

3. Air Putih

Makanan sebelum vaksin boosterUntuk menghindari efek samping vaksin booster harus banyak minum air putih Foto: iStock

Biasanya efek samping setelah vaksin yang paling umum adalah sakit kepala dan dehidrasi. Hindari efek tersebut dengan banyak minum air putih.

"Perbanyak minum air putih, jus buah 100% teh atau pilihan lain yang tidak terlalu manis," ujar Liana.

Liana menegaskan betapa pentingnya minum air putih sebelum dan setelah vaksin booster, karena manfaatnya tidak hanya sesaat tetapi dalam jangka waktu panjang.



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]