5 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Penderita COVID-19 Agar Cepat Sembuh

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 17 Feb 2022 08:00 WIB
Makanan untuk penderita COVID-19
Foto: iStock
Jakarta -

Bagi penderita COVID-19 sangat memerlukan nutrisi penting. Nutrisi itu akan berperan untuk melawan radikal bebas dan pemulihan pada jaringan rusak.

Penderita COVID-19 harus memastikan tubuhnya untuk mendapatkan nutrisi yang baik. Sebab nutrisi yang buruk sering dikaitkan dengan peradangan dan stres oksidatif.

Dua hal tersebut bisa membahayakan kesehatan terutama pada sistem kekebalan tubuh. Peradangan dan stres oksidatif dapat meningkat ketika seseorang menderita COVID-19.

Untuk pemulihan dan penyembuhan, WHO telah menjelaskan tentang nutrisi apa saja yang dibutuhkan bagi penderita COVID-19. Nutrisi penting itu juga mudah didapatkan dari makanan sehat.

Dilansir dari Healthline (14/02) berikut 5 nutrisi yang dibutuhkan penderita COVID-19:

1. Vitamin D

Vitamin D dapat memberikan efek anti-inflamasi. Di dalam tubuh, vitamin D berperan pada enzim pengubah angiotensin 2 (ACE2) dan jaringan lemak.

Selain tu juga pada reseptor protein yang ditemukan pada paru-parut. Virus corona akan mengingat ACE2 pada awal infeksi. Ini berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan.

Kemudian, vitamin D yang berinteraksi dengan reseptor ACE2 akan mencegah virus mengikatnya dan mengurangi komplikasi.

Vitamin D juga dapat memainkan peran protektif dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Vitamin D dapat ditemukan pada minyak ikan cod, ikan salmon, dan beberapa jamur.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

2. Karotenoid dan Vitamin A

Makanan untuk penderita COVID-19Makanan untuk penderita COVID-19 adalah yang mengandung vitamin A Foto: iStock

Karotenoid merupakan senyawa antioksidan sekaligus pigmen warna pada sayuran dan buah. Salah satu karotenoid yang ditemukan di tubuh manusia adalah vitamin A.

Vitamin A adalah antioksidan karotenoid yang larut dalam lemak. Vitamin A ini memiliki sifat anti-inflamasi dan bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi pernapasan.

Dalam kasus COVID-19, peneliti menemukan bahwa vitamin A dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Vitamin A Ini dapat ditemukan pada beberapa makanan seperti hati sapi, hati ayam, sayuran hijau, ubi jalar dan wortel.