ADVERTISEMENT

Jangan Terkecoh! 5 Sayuran dan Buah Ini Justru Bikin Gemuk

Devi Setya - detikFood
Rabu, 16 Feb 2022 05:00 WIB
5 Sayuran dan Buah Ini Justru Bikin Gemuk
Foto: Getty Images/iStockphoto/Zinkevych
Jakarta -

Ketika sedang menjalani diet, kebanyakan orang akan memilih makan sayuran dan buah. Namun sebenarnya ada beberapa jenis sayuran dan buah yang justru membuat berat badan sulit turun.

Sayuran termasuk jenis makanan padat nutrisi dan rendah kalori. Ahli gizi merekomendasikan untuk makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Demikian juga anak-anak yang disarankan banyak mengonsumsi sayuran dan buah.

Demikian juga dengan orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan vitamin, serat hingga mineral pada sayuran diklaim mampu membantu mencukupi nutrisi sekaligus menurunkan berat badan.

Faktanya tidak semua sayuran bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Daily Express (16/2) ada jenis sayuran dan buah yang justru menghambat proses penurunan berat badan.

Jika dikonsumsi rutin, sayuran dan buah ini bukan membuat badan langsing tetapi justru semakin gemuk. Apalagi jika dikonsumsi dalam porsi berlebihan.

Berikut beberapa sayuran dan buah yang berpotensi membuat gemuk:

1. Kentang

Beberapa orang berpendapat bahwa kentang sebenarnya adalah umbi bukan sayuran. Namun kentang lebih sering dikategorikan dalam jenis sayuran. Selain enak, kentang mudah diolah menjadi berbagai masakan dan harganya pun relatif terjangkau.

Banyak pelaku diet yang mengganti sumber karbohidrat dengan kentang. Tetapi menurut para ilmuwan di Harvard School of Health, kentang mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan diabetes.

Mengonsumsi satu mangkuk kentang memberi efek yang sama pada gula darah seperti minum sekaleng minuman bersoda. Para peneliti juga menghubungkan kentang dengan penambahan berat badan dan diabetes.

5 Sayuran dan Buah Ini Justru Bikin GemukIlustrasi wanita sedang makan Foto: Getty Images/iStockphoto/Zinkevych

2. Terong

Terong sering diolah menjadi berbagai makanan. Bahkan bagi para vegetarian, terong sering dijadikan pengganti daging sapi untuk isian kebab, burger atau makanan lainnya.

Meskipun enak dan memberi efek kenyang, ternyata terong bukanlah pilihan makanan yang sehat. Terong memiliki kandungan protein yang rendah sementara kalorinya terbilang tinggi.

Selain itu, ketika terong diolah menjadi masakan akan cenderung menyerap minyak dan garam. Itulah sebabnya terong bukan pilihan sayuran terbaik untuk diet.

3. Jagung manis


Jagung mengandung fitokimia yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Jagung juga mengandung nutrisi seperti zat besi, potasium, dan vitamin B.

Tetapi ada sejumlah alasan mengapa kamu harus membatasi asupan jagung, terutama jika sedang dalam program diet. Sebuah penelitian di Harvard menemukan fakta bahwa orang yang makan banyak jagung manis cenderung mengalami peningkatan berat badan.

Alasan konsumsi jagung manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan adalah karena indeks glikemiknya yang tinggi. Efeknya dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak.



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT