ADVERTISEMENT

7 Camilan yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Sulit Turun

Tim Detikfood - detikFood
Selasa, 01 Feb 2022 05:00 WIB
ngemil
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ngemil sambil santai dan rebahan jadi kebiasaan banyak orang. Padahal hal itu bisa jadi penyebab kegemukan dan berat badan sulit turun.

Dari sekian banyak pilihan kudapan yang biasa dimakan, terdapat sejumlah camilan yang bikin gemuk. Makanan-makanan ini mengandung kalori kosong, gula serta menggunakan perisa tambahan.

Apabila kamu sedang menjalani proses penurunan berat badan atau diet, disarankan segera hindari camilan berikut ini.

1. Es Krim

Es krim berbahan dasar susu dengan cita rasa manis, legit, ada sensasi dinginnya, seringkali dijadikan makanan penutup atau dessert. Akan tetapi, es krim yang banyak dijual di pasaran cenderung sudah diolah sedemikian rupa dengan bahan pemanis tambahan sehingga tinggi kalori.

Dirangkum dari Healthline, sesekali menikmati kesegaran es krim boleh saja, asalkan dalam porsi cukup dan pilih yang bahan-bahannya berkualitas supaya tidak mudah menambah penumpukan lemak.

Cara memilih es krim sehat pastikan kadar gulanya kurang dari 15 gram per sajian. Alternatif lain bisa membuat camilan sendiri dari buah-buahan segar dan susu skim, tanpa perlu gula tambahan.

2. Kue Kering

Kue-kue kering kalengan atau cookies, donat manis, termasuk camilan tinggi gula, tepung, dan lemak yang bisa membuat gemuk. Cookies dengan diameter 3 cm, rata-rata memiliki 140 kalori dan terdiri dari 6 gram lemak jenuh, serta 14 gram gula tambahan belum termasuk topping.

Begitu juga dengan satu buah donat yang sudah dilapisi topping, diperkirakan memiliki 480 kalori dan gula sebesar 27 gram. Total kalorinya seringkali dianggap sebagai kalori kosong, sebab jumlahnya tinggi tapi tidak mengenyangkan.

Ilustrasi Kue Kering7 Camilan yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Sulit Turun Foto: Dok. Shutterstock


3. Cokelat

Tak sembarang cokelat bisa dinikmati untuk camilan harian. Snack cokelat dengan kandungan susu dan gula justru bisa memicu kenaikan berat badan tanpa Anda sadari karena tinggi kalori.

Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat sebagai camilan, pilih jenis cokelat hitam atau dark chocolate dengan persentase kakao setidaknya 60 persen. Cokelat hitam kaya antioksidan serta baik untuk kesehatan otak dan jantung.

4. Kentang goreng

Camilan yang bikin gemuk selanjutnya ada kentang goreng atau olahan kentang lainnya dengan metode deep frying memakai minyak dalam jumlah banyak.

Sebagian besar kentang goreng yang dijual di restoran mengandung tinggi lemak dan garam, bahkan kedua bahan tersebut sangat berisiko meningkatkan rasa ingin makan berlebih.

Rata-rata per 117 gram kentang goreng biasanya mengandung sekitar 378 kalori, sehingga masuk kategori makanan tinggi kalori. Cara lain yang lebih aman menikmati kentang bisa dengan dikukus atau panggang karena cenderung rendah kalori.

Apa saja camilan enak lain yang bisa memicu kegemukan dan berat badan sulit turun. Cek daftarnya di sini !



Simak Video "3 Medali Dari Udin Si Tukang Bubur"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT