Perut Buncit? Coba Terapkan 5 Pola Makan untuk Perut Rata yang Gampang Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Nov 2021 05:00 WIB
Perut Buncit? Coba Terapkan 5 Pola Makan untuk Perut Rata yang Gampang Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Kalau mau mendapatkan perut rata, ternyata ada pola makan yang bisa kamu tiru. Caranya sederhana seperti perbanyak minum air putih dan makan lebih pelan.

Perut rata adalah dambaan banyak orang. Rasa percaya diri bakal meningkat dan penampilan terlihat lebih keren saat perut terlihat rata.

Mendapatkan perut rata tentu perlu usaha. Hal ini tidak didapat dengan mudah, namun melalui komitmen menjalani pola makan sehat secara konsisten.

Beberapa di antaranya adalah mengandalkan asupan tinggi sayuran, protein dan air putih. Konsumsi ketiga bahan makanan ini bakal memudahkan usaha mendapatkan perut rata.

Sebaiknya imbangi juga dengan aktivitas fisik ringan atau olahraga supaya proses penurunan berat badan lebih cepat. Cara ini juga bisa membuat tubuh lebih bugar secara umum.

Melansir Eat This, Not That (8/11/21), inilah 5 pola makan untuk mendapatkan perut rata:

1. Perbanyak minum air putih

Minum cukup air putih setiap hari sangat penting untuk kesehatan, termasuk dalam mendapatkan perut rata. "Minum air putih sebanyak setengah berat badanmu dalam ukuran ounces per hari," saran ahli gizi Samantha McKinney.

"Air putih bukan hanya berfungsi menghidrasi, detoks, dan meningkatkan energi melainkan juga membantu kamu membatasi asupan soda, kopi manis, dan minuman manis lainnya secara alami," kata McKinney.

Ahli gizi Rita Ramayulis menyarankan perhitungan 40 cc per kilogram berat badan untuk asupan air putih. Ia mencontohkan jika seseorang berat badannya 50 kg maka kebutuhan airnya sekitar 2000 cc atau 2 liter.

2. Konsumsi lebih banyak protein

Perut Buncit? Coba Terapkan 5 Pola Makan untuk Perut Rata yang Gampang IniPerut Buncit? Coba Terapkan 5 Pola Makan untuk Perut Rata yang Gampang Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Menambah konsumsi protein harian bukan hanya membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, melainkan juga mempercepat perut rata lebih cepat. Protein bisa menggantikan asupan makanan yang kurang sehat.

"Konsumsi 1 gram protein per 0,45 kg berat badan ideal melalui asupan makanan dan camilan sehari-hari," kata McKinney. Ia mengatakan protein punya fungsi penting untuk mengatur kadar gula darah dan insulin secara alami, sekaligus 'membunuh' keinginan makan alias ngidam makanan olahan yang tak sehat.

Sumber protein yang bisa kamu konsumsi antara lain telur, daging sapi, ikan tuna, hingga dada ayam. Untuk asupan nabati berasal dari tahu, brokoli, kacang almond, gandum, sampai biji labu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com