Jadi Simbol Cinta, Ini 7 Manfaat Sehat Makan Cokelat

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 15 Feb 2022 06:00 WIB
Manfaat cokelat
Foto: iStock
Jakarta -

Selain menjadi simbol kasih sayang dan cinta, cokelat juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Bisa meningkatkan fungsi otak hingga membuat bahagia.

Siapa yang tak suka cokelat? Rasanya yang manis ini selalu menjadi favorit semua orang. Apalagi cokelat dijadikan sebagai simbol cinta di hari kasih sayang 14 Februari.

Bukan hanya itu, cokelat juga baik untuk kesehatan. Cokelat mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram cokelat mengandung 5,5 g protein, 10,8 g serat, 98 mg kalsium.

Selain itu ada 4,4 mg zat besi dan kalium sebanyak 708,3 mg. Cokelat juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi, salah satunya ada flavonoid yang penting untuk kesehatan.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat makan cokelat. Tentu saja cokelat yang dianjurkan adalah jenis dark chocolate dengan kandungan cacao minimal 60%.

1. Menghilangkan Stres

Manfaat cokelatManfaat cokelat dapat menghilangkan stres Foto: iStock

Makan cokelat bisa membuat seseorang merasa bahagia, terutama pada cokelat hitam. Seperti yang disampaikan oleh penelitian di Loma Linda University Adventist Health Sciences Center.

Menurut peneliti, cokelat mengandung asam amino yang digunakan oleh otak untuk memproduksi serotonin, neurotransmitter yang bisa menghasilkan perasaan bahagia seseorang.

Baca Juga: Sempat Dikira Ketok Harga, Wanita Ini Minta Maaf Pada Penjual Es Puter


2. Meningkatkan Fungsi Otak

Cokelat juga baik untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian menemukan bahwa cokelat panas dapat membantu meningkatkan aliran darah ke bagian orak di yang dibutuhkan.

Menurut peneliti dari Harvard Medical School, ekstrak kakao yang disebut lavado dapat mengurangi atau mencegah kerusakan pada jalur saraf yang ditemukan pada pasien Alzheimer.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat cokelatManfaat cokelat dapat menurunkan kolesterol Foto: iStock

Cokelat mengandung senyawa yang bisa menurunkan risiko kolesterol. Hal tersebut seperti yang ditemukan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition.

Menurut peneliti, cokelat mengandung sterol dan flavanols, yang termasuk pada bagian diet rendah lemak. Kandungan itulah yang akan berperan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: Sempat Dikira Ketok Harga, Wanita Ini Minta Maaf Pada Penjual EsPuter



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]