Jus Delima Segar Mampu Turunkan Gula Darah dalam 3 Jam

Devi Setya - detikFood
Selasa, 15 Feb 2022 08:00 WIB
jus delima
Foto: Getty Images/eli_asenova
Jakarta -

Ada minuman enak yang bisa dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes. Segelas jus delima alami mampu menurunkan kadar gula darah hanya dalam waktu 3 jam.

Para penderita diabetes tipe 2 harus mengontrol asupan makanan dan minuman sehari-hari. Mereka tidak boleh makan dan minum terlalu manis karena efeknya akan membuat gula darah melonjak drastis.

Namun sebenarnya tidak semua makanan dan minuman manis harus dihindari. Ada satu jus buah yang justru disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan gula darah, yakni jus buah delima.

jus delimaBuah delima segar Foto: Getty Images/eli_asenova

Dilansir dari Daily Express (14/2) diabetes adalah kondisi kronis di mana kadar gula darah menjadi terlalu tinggi. Penyebabnya adalah gangguan produksi hormon insulin. Orang dengan diabetes tidak dapat memproduksi insulin dengan baik.

Beberapa makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang bisa berefek berbahaya. Gula darah sebenarnya bisa dikontrol dengan beberapa makanan alami.

Seorang ahli gizi Rob Hobson mengatakan kepada Express.co.uk, sebuah penelitian mengungkap bahwa jus delima dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu tiga jam. Para peneliti meyakini kandungan antioksidan dalam buah delima memberi efek positif pada penderita diabetes.

"Pada dasarnya, jus delima memiliki konsentrasi antioksidan yang sangat tinggi. Buah ini memiliki antioksidan tiga kali lipat dari teh hijau," ujar Rob Hobson.

Lebih lanjut, Hobson menjelaskan delima memang mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi dalam bentuk anthocyanin. Zat ini juga yang membuat delima memiliki warna merah.

"Dan pada dasarnya, para peneliti menganggap bahwa antioksidan dapat mengikat gula dan mencegah efek negatif pada kadar insulin," jelas Hobson.

Sebuah penelitian yang melihat hubungan antara jus delima dan diabetes juga melaporkan bahwa jus ini dapat menurunkan resistensi insulin. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel di otot dan hati tidak merespon insulin sehingga tidak dapat bekerja pada glukosa di dalam darah.

jus delimajus delima Foto: Getty Images/eli_asenova

Untuk menurunkan gula darah, kamu disarankan untuk minum 1,5 mililiter jus untuk setiap kilogram berat badan. Jadi jika kamu memiliki berat badan 50 kilogram maka kamu bisa minum sekitar 75 ml jus delima.

Direkomendasikan untuk tidak minum lebih dari 150 ml jus delima per hari. Jus delima yang disebut di sini adalah jus asli tanpa tambahan air ataupun gula. Hindari membeli jus delima kemasan yang diproduksi secara massal karena kebanyakan jus kemasan seperti ini hanya mengandung sedikit sari buah.



Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)