4 Pola Makan Sehat untuk Kurangi Risiko Diabetes Bawaan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 10 Feb 2022 06:00 WIB
Pola makan untuk mencegah diabetes
Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit juga bisa diturunkan secara genetik dari orang tua kepada anaknya. Kalau kamu rentan alami diabetes, ini pola makan yang bisa diterapkan untuk meminimalisir risikonya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diabetes yang diidap oleh orang tua dapat 'diturunkan' kepada anak cucu hingga generasi selanjutnya. Orang-orang yang lahir dari keluarga yang mengidap diabetes dikatakan memiliki risiko lebih tinggi alami diabetes.

Tetapi beberapa ahli juga mengatakan ini bukanlah hal mutlak. Keturunan diabetes masih dapat dicegah dengan cara menjaga pola makan tetap sehat dan terus menjaga tubuh tetap aktif.

Ketika tubuh terus aktif dan menjalankan pola makan yang sehat, maka akan lebih mudah untuk mengendalikan berat badan. Dampaknya tubuh akan terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis termasuk diabetes secara genetik.

Baca juga: 5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

Berikut ini 4 pola makan sehat untuk meminimalisir risiko diabetes bawaan menurut Eat This, Not That (6/2):

meracik saladPada Journal of Geriatric Cardiology ditemukan bahwa konsumsi makanan nabati tinggi serat lebih efektif untuk mengendalikan gula darah. Foto: Thinkstock

1. Konsumsi lebih banyak makanan nabati

Kunci utama untuk mencegah diabetes adalah memperkaya pola makan sehari-hari dengan berbagai makanan nabati. Misalnya dengan meningkatkan konsumsi sayur-sayuran maupun buah-buahan.

"Kesalahan besar seseorang yang dibuat adalah berpikir bahwa mereka harus menghindari karbohidrat," kata Kim Rose selaku ahli diabetes sekaligus konsultan profesional.

Melongkapi karbohidrat dalam pola makan sehari-hari justru dapat memicu lonjakan gula darah karena tubuh merasa butuh akan glukosa. Menurut penelitian tahun 2017 pada Journal of Geriatric Cardiology ditemukan bahwa konsumsi makanan nabati tinggi serat seperti kacang-kacangan, oatmeal hingga ubi lebih efektif untuk mengendalikan gula darah.

Baca juga: 7 Penyajian Aneh di Restoran Ini Bikin Tamu Malas Makan



Simak Video "Perhatikan Protokol Kesehatan Berikut Bila Makan di Restoran"
[Gambas:Video 20detik]