Apakah Beli Makanan dari Luar Rumah Bisa Tertular Covid-19?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 10 Feb 2022 17:30 WIB
Apakah Beli Makanan dari Luar Rumah Bisa Tertular Covid-19?
Foto: Getty Images/iStockphoto/Narongrit Sritana
Jakarta -

Membeli makanan dan minuman dari luar rumah menjadi kebiasaan banyak orang, termasuk saat pandemi Covid-19. Apakah hal itu bisa sebabkan penularan Covid-19?

Penularan Covid-19 perlu diwaspadai, terlebih kini muncul mutasi baru virus Corona yaitu Omicron. Sejumlah protokol kesehatan (prokes) pun tetap harus dijalani dan bahkan diperketat.

Mulai dari memakai masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, rajin cuci tangan, hingga mengurangi intensitas ke luar rumah. Terkait makanan, konsumsi makanan bernutrisi, terutama yang kaya vitamin C dan D, begitu dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain soal nutrisi, pembicaraan makanan dan Covid-19 yang menarik perhatian adalah soal praktik beli makanan dan minuman dari luar rumah. Pasalnya banyak orang suka dan terbiasa jajan di luar, meski kini virus Corona masih mengintai.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah praktik ini aman dilakukan saat pandemi Covid-19? dr. Adam Prabata yang merupakan mahasiswa PhD Universitas Kobe, Jepang sekaligus pemerhati Covid-19 memberikan penjelasan tuntas soal ini lewat Instagramnya (8/2/2022).

Apakah Beli Makanan dari Luar Rumah Bisa Tertular Covid-19?Saat pandemi Covid-19, banyak orang membeli makanan dari luar Foto: Getty Images/iStockphoto/Narongrit Sritana

Ia mengatakan Covid-19 tidak menular melalui konsumsi makanan dan minuman. "Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa Covid-19 dapat menular melalui makanan dan minuman. Memakan makanan dan meminum air juga tidak terbukti dapat menyebabkan penularan Covid-19," tulisnya. Penjelasan ini ia rangkum dari informasi CDC dan WHO.

Lalu apakah virus penyebab Covid-19 dapat menempel di bungkus makanan dan minuman? Jawabannya iya, namun risikonya kecil. Kalaupun kemudian terjadi penularan Covid-19, hal ini karena tangan kita menyentuh bungkus makanan dan minuman yang ada virus penyebab Covid-19.

Kemudian tangan yang ada virusnya itu menyentuh hidung, mulut, atau mata kita. Pada momen inilah penularan Covid-19 terjadi.

Karenanya dr. Adam menekankan penting untuk mencuci tangan setelah menerima makanan/minuman, setelah memasak makanan/minuman, dan sebelum makan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah penularan Covid-19.

Apakah Beli Makanan dari Luar Rumah Bisa Tertular Covid-19?Mencuci tangan penting untuk mencegah penularan Covid-19, terutama setelah menerima makanan dan sebelum makan Foto: Getty Images/iStockphoto/Narongrit Sritana

Ia juga mengingatkan untuk tidak menyemprotkan produk desinfektan pada bungkus makanan atau minuman. Praktik ini justru dapat membahayakan kesehatan.

Jika kamu membeli buah dan sayur yang langsung dimakan, cukup cuci buah dan sayur di bawah air mengalir dari keran. Selanjutnya cuci tangan sebelum makan. Hindari juga penggunaan sabun, pemutih, alkohol, atau bahan kimia lain.

Lalu untuk menghangatkan atau memanaskan pesanan makanan dari luar boleh dilakukan. dr. Adam pernah membahasnya. Ia mengatakan praktik ini sekaligus bisa membunuh virus atau bakteri yang bisa menyerang saluran pencernaan.



Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)