4 Cara Makan Seafood yang Harus Dihindari Saat sedang Diet

ADVERTISEMENT

4 Cara Makan Seafood yang Harus Dihindari Saat sedang Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 06 Feb 2022 10:00 WIB
Cara Makan Seafood yang Harus Diperhatikan Saat Diet
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Aneka seafood bisa menjadi makanan untuk diet karena mengandung protein yang tinggi. Agar berat badan cepat turun, cara makan seafood harus diperhatikan.

Banyak orang beranggapan kalau makanan yang dikonsumsi saat diet tak enak dan kurang beragam. Padahal ada banyak makanan yang enak aman dikonsumsi saat diet, asalkan cara mengonsumsinya tepat. Seperti halnya seafood.

Dilansir dari Live Strong (1/2), aneka seafood aman dikonsumsi saat diet dan dapat mempercepat penurunan berat badan. Karena seafood mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang tinggi.

Namun kalau seafood dikonsumsi dengan cara yang tak tepat malah dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Di antaranya menyebabkan kenaikan berat badan, lonjakan kadar kolesterol, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Kombinasi Camilan Paling Ampuh untuk Turunkan Berat Badan, Cek Yuk!

Berikut 4 cara makan seafood yang harus dihindari saat diet.

1. Kurang Makan Ikan

Cara Makan Seafood yang Harus Diperhatikan Saat DietCara Makan Seafood yang Harus Diperhatikan Saat Diet Foto: Getty Images/iStockphoto

Ikan termasuk jenis seafood yang sebenarnya kurang diminati. Padahal ikan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Apalagi dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

Dalam junal 'Nutrition and Metabolic Insight' pada Juni 2021 lalu menemukan bahwa makan ikan secara terutin telah terbukti memiliki efek positif pada berat badan dan fungsi tiroid. Sekaligus mengurangi risiko sindrom metabolik.

Frances Largeman-Roth selaku ahli nutrisi dan penulis 'Smoothies & Juices: Prevention Healing Kitchen' juga mengungkapkan kalau ikan dan seafood merupakan makanan rendah kalori dan tinggi protein. "Makanan ini sempurna untuk seseorang yang mencoba menurunkan berat badan sambil mempertahankan massa otot," ujarnya.

Mengutip USDA, seporsi ikan (100 gram) mengandung 22 gram protein. Sedangkan jumlah kalorinya sangat rendah, dalam 100 gram ikan hanya mengandung 84 kalori saja.

Oleh karenanya ahli diet dan nutrisi sangat menganjurkan mengonsumsi ikan saat diet. Jumlah yang direkomendasikan sebanyak 226 gram ikan atau lebih per minggu.

Baca Juga: 5 Mie Ayam Kaki Lima Ini Viral di TikTok, Sudah Pernah Cicip?



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Seafood Sambil Menikmati Sunset di Pantai Jimbaran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT