Hari Kanker Sedunia, Ini 8 Makanan Sehat untuk Cegah Kanker

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 04 Feb 2022 15:30 WIB
Makanan untuk cegah kanker
Foto: iStock
Jakarta -

Hari Kanker Sedunia menjadi momen masyarakat untuk lebih sadar betapa mematikannya penyakit ini. Untuk mencegahnya bisa mengonsumsi beberapa makanan ini.

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Peringatan ini pertama kali diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC) pada tahun 2000.

Sejak saat itu, Hari Kanker Sedunia selalu diperingati setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini, tema yang diusung oleh World Cancer Day adalah 'Hentikan Kesenjangan Perawatan'.

Dengan itu diharapkan tidak adanya lagi kesenjangan pelayanan kesehatan di masyarakat terkait masalah kanker di mana pun, termasuk di Indonesia.

Momen ini juga jadi bentuk masyarakat agar lebih sadar tentang penyakit kanker yang bisa mematikan. Karenanya cegah penyakit kanker dengan menjaga pola makan.

Dilansir dari AARP, berikut 8 makanan untuk mencegah kanker:

1. Brokoli

Makanan untuk cegah kankerBrokoli dapat mencegah kanker karena mengandung sulforaphane Foto: iStock

Brokoli dan jenis sayuran cruciferous lainnya seperti kembang kol, kubis, brussel, kangkung dan sawi telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Menurut American Cancer Society, sayuran cruciferous mengandung molekul baik yang berperan menonaktifkan gen kanker. Molekul tersebut dikenal dengan sebutan sulforaphane.

2. Jamur

Sebuah penelitian di Pennsylvania State University menemukan bahwa jamur adalah makanan dengan penurunan risiko kanker terendah. Jamur kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Salah satunya antioksidan ergothioneine yang akan melindungi sel. Antioksidan itu juga terdapat pada jenis jamur shiitake, tiram, maitake dan tiram raja.

3. Oatmeal

Makanan untuk cegah kankerOatmeal dapat mencegah kanker karena mengandung fitoestrogen Foto: iStock

Oatmeal juga merupakan makanan yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap kanker, termasuk juga kanker kolorektal. Hal itu telah dibuktikan lewat sebuah penelitian.

Menurut peneliti, biji-bijian utuh seperti oatmeal tinggi akan serat, antioksidan dan fitoestrogen atau senyawa nabati yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kanker payudara.

Baca Juga: Bapak-bapak, Ini 7 Makanan yang Dapat Cegah Kanker Prostat



Simak Video "Perpaduan Seafood dengan Jus Salak, Emang Nyambung?"
[Gambas:Video 20detik]