Bapak-bapak, Ini 7 Makanan yang Dapat Cegah Kanker Prostat

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 02 Nov 2021 16:36 WIB
Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat Jusnya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kanker prostat kerap dialami oleh pria, seperti juga mantan presiden SBY. Untuk mencegahnya, bisa dengan konsumsi makanan sehat. Seperti brokoli, wortel, salmon, hingga kopi.

Kanker prostat adalah jenis kanker yang dialami oleh pria, berkembang dalam kelenjar prostat. Gejala yang kerap dialami adanya gangguan buang air kecil.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diketahui juga mengindap kanker prostat. Kanker prostat yang diderita SBY masih berada dalam tahapan stadium awal, seperti dikutip dari detikNews (2/11/2021).

Untuk mencegah kanker prostat, bisa dengan menjalani pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh.

Dilansir dari Fox News (12/9), berikut 7 makanan yang dapat mencegah kanker prostat.

1. Brokoli

Brokoli diketahui sebagai super food karena beragam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Sayuran hijau yang dapat diolah menjadi tumisan lezat ini bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker prostat.

Sayuran hijau ini mengandung zat antioksidan dan phytochemicals yang tinggi. Kandungan ini dapat mencegah pembentuhkan sel pemicu kanker prostat.

2. Salmon

Salmon, salah satu jenis ikan yang paling sehat. Karena di dalamnya mengandung protein tinggi, selenium, hingga asam lemak omega-3.

Kandungan lemak tak jenuh itulah yang dapat membantu dalam mencegah kanker prostat. Selain salmon, bisa juga mengonsumsi ikan sarden, makarel, dan halibut.

3. Tomat

Petani Gapoktan Regge memanen tomat di kebun di Desa Cukanggenteng, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat. Yuk, intip foto-fotonyatomat Foto: Agung Pambudhy

Tomat bisa dikonsumsi sebagai sayuran dengan mencampurkannnya pada salad atau sup. Namun, bisa juga dinikmati sebagai jus yang menyegarkan.

Di dalam tomat mengandung likopen, zat pada tumbuhan yang dapat mencegah timbulnya kanker. Dalam sebuah studi yang terdapat pada the Journal Cancer Epidemiologi, menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 10 porsi tomat dalam seminggu bisa mengurangi timbulnya sel kanker sebanyak 18%.

Baca Juga: Ikutan Salt Bae, Sisca Kohl Juga Bikin Tomahawk Steak Pakai Emas dan Truffle

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com