Jangan Dimakan Berlebihan! 5 Makanan Ini Tingkatkan Risiko Kanker

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 02 Okt 2021 06:00 WIB
Asian doctor woman encourage young woman patient by holding hand Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Kandungan makanan memiliki efeknya masing-masing terhadap tubuh. Termasuk lima makanan yang dapat memicu sel-sel kanker dalam tubuh ini.

Frasa "kamu adalah apa yang makan" memang benar adanya. Semua asupan makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Efeknya berbeda-beda tergantung pada kandungan yang ada di dalam makanan tersebut.

Saat ingin meningkatkan kesehatan tubuh sebaiknya berhati-hati dalam memilih asupan makanan dan utamakan makanan yang lebih sehat. Menjalankan pola makan yang lebih sehat akan sangat memengaruhi tubuh agar tetap berenergi dan bugar.

Tetapi jika memilih untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi lemak, kalori serta lemak trans efeknya akan sangat membahayakan kesehatan tubuh bahkan efeknya berlangsung untuk jangka panjang. Beberapa makanan tidak sehat bahkan diakui dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada liver, ginjal, penyakit jantung atau bahkan meningkatkan risiko kanker.

Berikut ini 5 makanan pemicu kanker yang harus diwaspadai menurut Times of India (28/9):

1. Daging Olahan

Daging, unggas, ikan dan telur semuanya termasuk ke dalam makanan sehat. Jika dikonsumsi dalam batas aman yang ditentukan, semuanya
diketahui memiliki khasiat untuk tubuh dan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Tetapi jika daging yang dipilih merupakan daging yang telah melalui proses pengolahan pajang seperti diasapi, digarami atau diawetkan akan berubah menjadi makanan yang tidak sehat sama sekali. Proses pengolahan yang dilakukan pada daging-dagingan dapat memproduksi senyawa karsinogen.

Daging-daging olahan tersebut berupa sosis, salami, bakso, bacon, bahkan pada daging asap kemasan. Efek dari mengonsumsi daging olahan yang mengandung karsinogen ini akan merujuk pada peningkatan risiko kanker dan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga: Hati-hati! Sering Konsumsi 10 Makanan Ini Bisa Picu Kanker

GorenganFoto: Thinkstock

2. Gorengan

Makan makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang banyak dalam jumlah berlebihan sangat mengancam kesehatan tubuh. Makanan yang digoreng atau goreng-gorengan ini dikatakan oleh para ahli sangat sensitif untuk menciptakan sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Saat makanan seperti kentang atau daging yang dimasak dengan temperatur tinggi dapat membentuk senyawa akrilamida. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, komponen tersebut memiliki sifat karsinogenik yang efeknya bahkan dapat merusak DNA.

Selain itu, gorengan juga dapat meningkatkan stresoksidatif dan inflamasi di dalam tubuh. Meningkatkan stresoksidatif dan inflamasi ini dikaitkan oleh para ahli sangat dekat dengan memicu pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Slurp! Ternyata Kaktus Bisa Dibuat Jadi Es Segar"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com