5 Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

ADVERTISEMENT

5 Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 03 Feb 2022 06:00 WIB
Menu sarapan untuk asam lambung
Foto: iStock
Jakarta -

Penderita asam lambung tak boleh sembarangan menyantap sarapan. Dianjurkan memilih makanan yang rendah asam dan tinggi serat agar perut tidak mulas.

Asam lambung adalah kondisi di mana empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. Penyakit ini menimbulkan rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat. Seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi terlalu banyak dan sering minum minuman bersoda.

Jika sudah mengidap asam lambung, tidak bisa sembarangan saat menyantap menu makanan, terutama menu makanan sarapan. Dianjurkan menghindari mengonsumsi makanan yang tinggi kadar asam.

Dilansir dari Livestrong, berikut 5 menu sarapan sehat untuk penderita asam lambung:


1. Buah-buahan Rendah Asam

Menu sarapan untuk asam lambungApel merupakan buah-buahan yang rendah asam sehingga cocok untuk penderita asam lambung Foto: iStock

Buah-buahan memang menyehatkan, tetapi untuk penderita asam lambung ada beberapa jenis buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Buah-buahan itu adalah yang tinggi kandungan asamnya.

Misalnya nanas, jeruk, grapefruit dam kiwi. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, buah-buahan tersebut dapat menyebabkan perut menjadi mulas.

Selain itu menurut Theological Society, buah-buahan tinggi asam bisa mengaktifkan enzim pencernaan pepsin yang dapat merusak lapisan kerongkongan.

Ada beberapa buah rendah asam yang cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah-buahan tersebut adalah apel, pisang, semangka dan pir.

Baca Juga: 5 Pola Makan Ini Perlu Dihindari Agar Tak Alami Nyeri Sendi

2. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakan pilihan sarapan yang tepat bagi penderita asam lambung. Sementara daging tinggi lemak dapat menurunkan tekanan sfingter esofagus bagian bawah.

Selain itu, mengonsumsi daging tinggi lemak juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Menurut IFFGD, daging itu dapat meningkatkan risiko refluks.

Refluks adalah penyakit gangguan pencernaan kronis. Pilihan daging rendah lemak yang disarankan adalah dada ayam dan daging kalkun tanpa kulit.

3. Oatmeal

Menu sarapan untuk asam lambungOatmeal juga cocok dimakan oleh penderita asam lambung karena tinggi serat Foto: iStock

Menurut Johns Hopkins Medicine, makanan yang tinggi serat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Dan oatmeal merupakan pilihan makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Diet rendah lemak dikaitkan dengan pencernaan yang lambat.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah studi di World Journal of Gastroenterology pada 2018. Para peneliti menyarankan untuk memasukkan protein ke dalam oatmeal seperti kacang-kacangan.

Baca Juga: Kalap Makan Sushi karena Ogah Rugi, Wanita Ini Berakhir Masuk RS

4. Telur

Menu sarapan untuk asam lambungTelur merupakan pilihan menu sarapan yang baik untuk asam lambung Foto: iStock

Telur merupakan pilihan protein yang bagus untuk menu sarapan penderita asam lambung. Menurut sebuah studi di Jurnal Nutrisi pada 2015, telur disebutkan rendah kalori.

Mengonsumsi telur disebut-sebut lebih mengenyangkan dibandingkan karbohidrat maupun lemak. Ini berarti, telur dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Lebih lanjut, para peneliti juga mengatakan bahwa telur dapat mengatasi perut mulas. Namun disarankan untuk tidak mengonsumsi telur terlalu banyak khususnya pada bagian kuning telur.

5. Umbi-umbian

Menu sarapan untuk asam lambungMenu sarapan untuk asam lambung salah satunya adalah ubi jalar yang mengandung karbohidrat kompleks Foto: iStock

Umbi-umbian seperti kentang, ubi jalar dan singkong juga merupakan menu sarapan yang baik bagi penderita asam lambung. Menurut IFFGD, umbi-umbian mengandung karbohidrat kompleks.

Umbi-umbian tersebut dikemas dengan berbagai nutrisi dan serat yang baik. Peneliti mengatakan bahwa kentang dan ubi adalah menu sarapan yang ramah GERD.

Namun perhatikan juga cara mengolahnya. Misalnya seperti kentang goreng, proses goreng itu bisa memicu refluks asam karena dimasak dengan banyak lemak.

Alih-alih digoreng, peneliti menyarankan untuk mengolah umbi-umbian dengan cara direbus atau dikukus.

Baca Juga: Hindari 7 Kebiasaan Ini Agar Asam Lambung Tak Mudah Kambuh

(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT