ADVERTISEMENT

Penelitian Ungkap 2 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Devi Setya - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 05:00 WIB
5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan!
Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Selain menghindari makanan berlemak, ada banyak makanan yang secara alami ampuh menurunkan kolesterol. Termasuk buah apel dan alpukat yang terbukti secara ilmiah ampuh menurunkan kolesterol.

Kolesterol menjadi penyakit menakutkan bagi semua orang. Ketika seseorang mengidap kolesterol, maka banyak risiko penyakit lainnya yang menghantui seperti jantung hingga stroke. Karena kolesterol yang menumpuk berpotensi menyumbat saluran darah.


Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, penderita kolesterol harus menerapkan pola makan sehat. Ada makanan yang patut dihindari dan ada juga makanan yang disarankan untuk dikonsumsi karena memberikan efek baik untuk penderita kolesterol.

apple isolated on wood backgroundBual apel merah Foto: iStock

Dilansir dari Eat This (29/1) sebuah penelitian mengungkap bahwa ada beberapa buah yang ampuh mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Buah seperti apel dan alpukat terbukti mengandung zat alami yang berfungsi sebagai penurun kolesterol.

Menurut penelitian yang dilakukan Harvard Health, ada banyak makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara unik dan berbeda. Misalnya, gandum dapat membantu menurunkan kolesterol karena kandungan seratnya yang tinggi, sementara beberapa jenis ikan dapat membantu menurunkan kolesterol karena kandungan omega-3-nya.

Apel bantu turunkan kolesterol

Apel adalah salah satu buah dengan jumlah serat tinggi. Apel juga mengandung jenis serat larut yang disebut pektin. Dalam 100 gram buah apel segar mengandung 2,4 gram serat yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Menurut Mayo Clinic, pektin atau serat larut ini dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dengan cara menyerap kolesterol dalam darah dan membantu mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Semakin banyak apel yang dikonsumsi maka semakin banyak serat yang memberi efek positif.

Di samping itu, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan fakta bahwa serat pektin tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol. Apel juga kaya akan kandungan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan. Kandungan tersebut membantu untuk mengurangi risiko kanker, diabetes, hingga penyakit jantung.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT