5 Sarapan Enak yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 06:00 WIB
Menu Sarapan Enak untuk Penderita Diabetes Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penderita diabetes memiliki pantangan makanan tertentu untuk menjaga kestabilan gula darah. Beberapa menu sarapan enak berikut aman untuk dikonsumsi, apa saja?

Agar kadar gula darah tetap stabil, penderita diabetes harus terus menjaga asupan makanan yang mereka konsumsi setiap harinya. Mereka dianjurkan memantang makanan yang mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi.

Walau begitu menu makanan yang mereka santap tak selamanya hambar dan membosankan. Kalau bisa menyiasatinya, makanan yang mereka konsumsi tetaplah enak.

Dilansir dari Eat This (22/11), ada beberapa menu sarapan enak yang bisa jadi alternatif untuk dikonsumsi penderita diabetes. Diantaranya ada yogurt hingga omelet.

Baca Juga: Cocok untuk 'Me Time', Di Kafe Ini Bisa Hilangkan Stres

Berikut 5 menu sarapan enak untuk penderita diabetes.

1. Omelet Sayur

Menu Sarapan Enak untuk Penderita DiabetesPenderita diabetes bisa mengonsumsi omelet sayuran untuk sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang sering dikonsumsi untuk sarapan. Selain karena rasanya yang enak, cara memasaknya praktis. Salah satu menu telur yang bisa dinikmati saat sarapan adalah omelet.

Omelet bisa dicampurkan dengan beragam bahan makanan sehat, seperti sayuran. Omelet sayur ini sangat baik dikonsumsi penderita diabetes saat sarapan. Kandungan protein pada telur dan nutrisi dari sayuran dapat menstabilkan kadar gula darah penikmatnya.

Kalau kamu ingin omelet sayur terasa lebih enak, tambahkan sedikit keju parut. Nikmati omelet sayur ini dengan selembar roti gandum panggang yang lebih sehat dibanding roti tawar putih.

2. Yogurt

Yogurt juga makanan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, yogurt baik dikonsumsi penderita diabetes karena rendah gula. Bakteri dalam yogurt memanfaatkan gula laktosa selama proses fermentasi.

Banyak ahli diet merekomendasikan Greek yogurt untuk dikonsumsi. Karena jenis yogurt ini biasanya dikemas tanpa gula. Agar yogurt terasa nikmat, pilih topping berserat tinggi. Seperti biji chia, buah berry, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Ini 5 Efek Samping Jika Sering Ngemil Kentang Goreng

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com