5 Kebiasaan Minum Tak Sehat yang Sebabkan Kolesterol Tinggi

Riska Fitria - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 06:00 WIB
Kebiasaan minum tak sehat dapat menyebabkan kolesterol tinggi Foto: iStock
Jakarta -

Meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh bisa dipengaruhi karena kebiasaan minum yang buruk. Seperti minuman yang tinggi gula dan lemak jenuh.

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol. Kolesterol ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan ke dalam plasma darah. Kolesterol dibutuhkan untuk banyak hal.

Mulai dari membentuk sel sehat, memproduksi hormon hingga menghasilkan vitamin D. Namun, jika kadar kolesterol melonjak, bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu faktor yang menyebabkan tinggi kolesterol adalah kebiasaan minum yang tidak sehat. Minuman yang kaya akan gula dan lemak jenuh bisa jadi penyebabnya.

Berikut 5 kebiasaan minum tak sehat yang menyebabkan kolesterol naik:

1. Minum Minuman Bersoda

Kebiasaan minum tak sehat dapat menyebabkan kolesterol tinggiKebiasaan minum minuman bersoda dapat menyebabkan kolesterol tinggi Foto: iStock

Minuman bersoda mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Mengonsumsi gula terlalu banyak bisa meningkatkan kolesterol jahat, karenanya kebiasaan minum soda harus dihindari.

Kolesterol itu naik melalui darah ke hati. Fakta itu telah dibuktikan lewat sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association pada 2020.

Ahli gizi yang terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best menemukan bahwa orang dengan kolesterol paling tinggi sering minum minuman bersoda.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? 7 Makanan Enak Ini Bantu Turunkan Kolesterol

2. Minum Teh Manis

Kebiasaan minum tak sehat dapat menyebabkan kolesterol tinggiKebiasaan minum es teh manis dapat menyebabkan kolesterol tinggi Foto: iStock

Sama seperti minuman bersoda, teh manis juga tentu mengandung gula berlebih yang bisa meningkatkan kolesterol jahat. Apalagi jika menggunakan gula tambahan.

Minuman yang dimaniskan dengan gula memiliki efek negatif pada kesehatan. Misalnya dapat meningkatkan berat badan secara signifikan hingga obesitas, seperti yang dikutip dari Eat This Not That (15/01/22).

3. Menambahkan Krimer

Kebiasaan minum tak sehat dapat menyebabkan kolesterol tinggiKebiasaan minum minuman pakai krimer dapat menyebabkan kolesterol tinggi Foto: iStock

Biasanya orang menambahkan krimer pada kopi agar rasanya lebih nikmat. Namun, menambahkan krimer sama saja menambahkan gula dan lemak ke dalam minuman kamu.

Krimer berbahan dasar susu, sehingga memiliki kandungan lemak dalam jumlah yang tinggi. Nah, jenis lemak itulah yang berperan meningkatkan kolesterol.

Ahli gizi menyarankan untuk menggunakan krimer yang kandungan gula dan lemaknya sedikit. Atau menghilangkan kebiasaan menambahkan krimer pada kopi adalah ide yang bagus.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Makan Banyak

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com