ADVERTISEMENT

5 Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Makan Banyak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 27 Des 2021 05:00 WIB
Ilustrasi alpukat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula
Jakarta -

Saat libur Natal, banyak orang berakhir makan banyak hingga menyebabkan lonjakan kolesterol. Untuk mengatasinya, coba konsumsi 5 makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol ini.

Kolesterol tinggi dipicu pola makan yang buruk seperti konsumsi banyak daging berlemak hingga kurang makanan berserat. Belum lagi konsumsi gorengan dan makanan cepat saji. Dua hal ini juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Bukan tidak mungkin kadar kolesterol jahat dalam tubuh menumpuk saat musim liburan Natal hingga tahun baru nanti. Pasalnya banyak orang memilih memanjakan diri mereka dengan makan semaunya, tapi ternyata pilihan makanan mereka buruk.

Untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi, coba konsumsi 5 makanan terbaik untuk menurunkannya seperti ini:

1. Alpukat

Mengutip Healthline (25/12/21), alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat yang amat baik. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh .

Sebuah penelitian mengungkap, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan memiliki kadar kolesterol tinggi, mengalami penurunan kolesterol usai rutin makan satu buah alpukat setiap hari. Analisis dari 10 penelitian juga mengungkap konsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol total, LDL, dan trigliserida dalam tubuh.

2. Kacang-kacangan

kacang almondFoto: iStock

Jadi menu favorit pelaku hidup sehat, kacang-kacangan khususnya almond dan walnut, ternyata punya manfaat lebih untuk menurunkan kolesterol. Jenis kacang ini tinggi kandungan asam lemak omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung.

Selain itu, kacang mengandung pitosterol. Senyawa nabati ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus.

3. Ikan omega 3

Konsumsi ikan berlemak atau tinggi kandungan omega 3 juga menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol. Salmon dan kembung bisa jadi pilihan karena omega 3 di dalamnya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan inflamasi serta risiko stroke.

Namun pastikan mengolah ikan ini dengan tepat. Cara yang paling dianjurkan adalah dengan mengukus atau merebusnya. Jangan digoreng karena malah buruk untuk kesehatan jantung.

4. Apel hingga stroberi

Stroberi Pakai Keju ParmesanFoto: Rob Lacey/PinPep , iStock

Selain alpukat, ada beberapa buah yang tergolong bagus untuk menurunkan kolesterol. Buah tersebut adalah apel, anggur, aneka buah citrus, dan stoberi. Buah-buahan ini mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Penelitian juga membuktikan, makan buah berry dan anggur yang tinggi kandungan senyawa bioaktif, bisa menaikkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Bonusnya, buah juga tinggi kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan secara menyeluruh.

5. Bawang putih

Banyak orang menganggap kalau konsumsi bawang putih bagus untuk menurunkan kolesterol. Faktanya, benar adanya. Bawang putih mengandung allicin, senyawa aktif yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun perlu bawang putih dalam jumlah banyak untuk merasakan manfaat tersebut. Karenanya banyak pakar kesehatan juga merekomendasikan konsumsi suplemen/ekstrak bawang putih agar lebih efektif.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT