Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

ADVERTISEMENT

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 14 Des 2021 05:00 WIB
Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970
Jakarta -

Sayuran hijau ini disebut pakar kesehatan sebagai jenis terbaik untuk menurunkan berat badan. Pelaku diet disarankan mengonsumsi makanan untuk diet ini secara rutin.

Makanan untuk diet ada banyak jenisnya, termasuk sayuran hijau. Berbagai nutrisi yang ada di dalam sayuran hijau bisa membantu proses penurunan berat badan lebih cepat.

Jenisnya juga bukan hanya bayam saja, tapi juga selada air, buncis, brokoli, dan bahkan seledri. Sayuran hijau ini bisa kamu olah dengan berbagai cara seperti direbus, ditumis, dan bahkan dijadikan smoothies.

Mengutip Easy Healthy Smoothie (13/12/21), inilah makanan untuk diet berupa 10 sayuran hijau:

1. Selada air

Selada air atau watercress menduduki peringkat pertama sayuran hijau yang ampuh sebagai makanan untuk diet. Para peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkap keistimewaan nutrisi selada air.

Kandungan kalsiumnya lebih tinggi dari pada susu. Vitamin C-nya lebih tinggi dari jeruk dan proteinnya lebih banyak dari sebagian besar produk hewani. Selada air juga mengandung 17 nutrisi penting. Dalam kaitannya dengan berat badan, sayuran hijau ini mengandung asam alfa-lipoat. Jenis antioksidan ini dapat melawan diabetes, yang terkait erat dengan masalah kelebihan berat badan.

2. Buncis

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat BadanMakanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Stok buncis di rumah bisa kamu konsumsi rutin saat lagi diet sebab buncis tinggi kandungan serat. Mengonsumsi banyak serat sangat dianjurkan saat diet untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Proses pencernaan serat yang lebih lama juga membuat tubuh kamu bakal merilis energi lebih stabil sehingga tak mudah lapar. Buncis bisa dikreasikan menjadi beragam hidangan nikmat, termasuk tumis buncis yang amat populer di Indonesia.

3. Kacang polong

Kacang polong adalah jenis kacang kecil berwarna hijau yang punya banyak khasiat. Salah satunya tinggi protein! Tiap cangkirnya bahkan mengandung lebih banyak protein dibanding steak dan telur.

Protein memicu produksi hormon pembakar lemak bernama glucagon yang disebut peneliti membantu kehilangan lemak, termasuk pada pasien diabetes. Manfaat lainnya, protein juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga cegah keinginan ngemil berlebih.

4. Bayam

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat BadanMakanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Sayuran hijau ini jadi menu andalan pelaku hidup sehat dan tergolong makanan untuk diet. Peneliti Swedia baru-baru ini mengungkap wanita yang makan ekstrak bayam di pagi hari mengalami penurunan berat badan 30% lebih banyak.

Partisipan wanita tersebut juga mengaku tidak merasa lapar atau tergoda dengan makanan-makanan lain yang biasa mereka santap. Besar kemungkinan ini dipengaruhi asam amino bernama arginine yang terdapat dalam bayam. Arginine punya peranan penting dalam proses kehilangan lemak.

5. Cabe hijau

Di balik rasa pedasnya yang menyegarkan, cabe hijau juga termasuk makanan untuk diet. Capsaicin di dalamnya bersifat sebagai pembakar lemak. Peneliti menyarankan konsumsi 2-3 cabe hijau per hari cukup untuk mendapat manfaat tersebut.

Penelitian lain juga membuktikan mereka yang rutin makan cabe cenderung makan lebih sedikit. Hal ini lantaran cabe menekan nafsu makan.

Sayuran hijau apa lagi yang bisa percepat penurunan berat badan? Baca di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT