Ini 6 Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Mentah

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 28 Jan 2022 08:00 WIB
Makanan Mentah yang Bahaya Jika Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada sebagian makanan yang memang aman dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Namun ada juga makanan mentah yang membahayakan kalau dikonsumsi. Apa saja?

Beragam makanan mentah biasa dikonsumsi oleh orang Jepang sebut saja sashimi yang terbuat dari ikan atau seafood mentah. Untuk menikmatinya tinggal dicocol ke dalam shoyu.

Ada juga salad sayuran yang dikonsumsi dalam kondisi segar dan mentah. Biasanya berisikan selada, arugula, kol ungu, wortel, dan lainnya. Sayuran mentah ini aman dikonsumsi, apalagi untuk pelaku diet.

Dilansir Eat This (26/1), walau ada makanan mentah yang aman dikonsumsi, banyak juga makanan yang dapat membahayakan tubuh ketika dikonsumsi mentah. Seperti daging ayam, telur, hingga kentang.

Baca Juga: Sempat Viral karena Getok Harga, Pedagang PKL Malioboro Akan Digusur Pekan Ini

Berikut 6 makanan yang membahayakan jika dikonsumsi mentah.

1. Kentang

Kentang banyak digunakan pada olahan masakan khas Indonesia. Biasanya dimasak dengan bumbu balado, campuran sup, hingga perkedel yang gurih lembut. Untuk menikmati kentang harus benar-benar dalam kondisi matang.

Karena, kentang mentah dapat membahayakan tubuh kalau dikonsumsi. Kentang mentang mengandung glikoalkaloid yang dapat mengganggu sistem pencernaan, seperti diare.

2. Telur

Makanan Mentah yang Bahaya Jika DikonsumsiMakanan Mentah yang Bahaya Jika Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada sebagian orang yang terbiasa mengonsumsi telur mentah. Padahal, telur mentah bisa membahayakan kesehatan tubuh karena dapat terkontaminasi oleh bakteri samonella.

Alexandra Oppenheimer Delvito selaku ahli diet menjelaskan kalau telur sebaiknya dikonsumsi matang dengan suhu aman 62° C. "Untuk memastikan bakteri pada telur mati, maka harus dimasak sampai suhu temperatur yang aman yaitu 62 derajat celcius," ujarnya.

Kalau ingin mengonsumsi telur mentah, jangan sembarangan. Karena hanya telur pasteurisasi yang aman dikonsumsi.

3. Daging Ayam

Tak hanya telurnya, daging ayam juga harus dikonsumsi dalam kondisi matang sempurna. Karena daging ayam mudah terkontaminasi bakteri salmonella.

Delvito menyarankan daging ayam dimasak dalam suhu temperatur 73 derajat celcius agar bakteri mati. "Jika di bawah suhu tersebut, kamu harus berani mengamnbil risikonya," kata Delvito.

Baca Juga: Makan Daging Ayam Mentah, Wanita Ini Disangka Kesurupan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com