7 Jenis Roti Paling Sehat dan Kurang Sehat Menurut Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 28 Jan 2022 10:30 WIB
7 Jenis Roti Paling Sehat dan Kurang Sehat Menurut Ahli Gizi
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

6. Roti tawar putih

Roti tawar yang umum dijumpai di pasaran punya nama lain, white bread. Dari profil nutrisinya, Taub-Dix menyebut jenis roti tawar ini kurang menyehatkan karena umumnya rendah kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan serat.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak boleh makan roti tawar putih sama sekali. Jika suka, kamu bisa mengonsumsinya, namun kombinasikan dengan makanan padat nutrisi lain seperti sayuran dan protein rendah lemak agar nutrisi yang didapat lebih lengkap.

7. Roti ciabatta hingga focaccia

7 Jenis Roti Paling Sehat dan Kurang Sehat Menurut Ahli GiziRoti ciabatta tergolong roti kurang sehat karena mungkin tinggi lemak Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

Roti specialty atau yang dibuat dengan gaya tertentu seperti ciabatta, pita, focaccia, dan brioche dibuat dengan tepung terigu olahan sehingga tergolong kurang sehat. Sering kali roti ini juga mengandung lemak lebih banyak karena dibuat dengan tambahan mentega atau telur.

Taub-Dix juga mengingatkan agar tidak mengaitkan roti specialty sebagai roti bebas gluten karena belum tentu begitu. Paling pas adalah selalu mengecek label nutrisi roti.



Simak Video "Mencicip Lezatnya Kreasi Roti dan Pastry dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)