Iseng Bikin Roti Sehat, Ternyata Bisa Cuan Jutaan Per Bulan

Zefanya Aprilia - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 09:30 WIB
Roti Ikobana Bakery Foto: dok. Instagram @ikobana.bakery
Jakarta -

Berawal dari tinggal di Jepang, Yesi Elsandra asal Sumatera Barat, belajar membuat roti. Saat itu ia tengah menemani suaminya yang sedang melanjutkan studi di Kanazawa, Jepang.

Ia pun meracik sendiri komposisinya sehingga tidak mengandalkan bread improver dan pelembut roti. Jadilah roti yang lembut dan lebih sehat.

Sepulangnya ke Indonesia, ia pun membuka toko roti yang diberi nama Ikobana Bakery. Ternyata roti yang ia bikin sendiri itu banyak disukai masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah masyarakat di Sumatera Barat menerima kehadiran roti ini dengan sambutan yang sangat luar biasa," kata Yesi kepada detikcom baru-baru ini.

Dalam sebulan ia bisa menjual roti sebanyak 500-1200 pcs. Keuntungan yang didapat mencapai Rp 5-10 juta rupiah.

Bahkan, pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang. Pendapatan dan pelanggan Ikobana Bakery tidak berkurang. Yesi mengungkapkan, kuncinya adalah strategi marketing online dengan segmenting dan targeting pelanggan yang jelas.

Meskipun begitu, Yesi tetap rajin menambah ilmu dalam bisnis makanan. Seperti dengan mengikuti program pengembangan usaha 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service.

Program tersebut digelar dengan tujuan untuk mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

"(Acaranya) menyenangkan. Semoga saya bisa meningkatkan penjualan dan berjejaring dengan stake holder lainnya," kata Yesi.



Simak Video "Mencicip Lezatnya Kreasi Roti dan Pastry dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com