Pandemi Bikin Pria Ini Buka Usaha Rice Bowl, Omzetnya Rp 20 Juta/Bulan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 11:04 WIB
Ryans Kitchen Foto: Instagram/@ryans_kitchen.id
Jakarta -

Berbisnis kuliner kini menjadi hal yang banyak digandrungi masyarakat. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai bisnis kuliner sejak awal pandemi di 2020.

Ryan Varian Liwang menjadi salah satu yang memulai bisnisnya di awal pandemi. Demi menghidupi banyak orang, Ryan pun akhirnya terjun ke bisnis kuliner dengan membuka usaha Ryan's Kitchen yang menjual aneka makanan, mulai dari burger hingga rice bowl.

"Saat pandemi, kami harus tetap berusaha untuk memberi makan keluarga dan karyawan sehingga kami membuka resto ini. Di awal pandemi 2020 kita mulai dengan via online (media sosial media dan WhatsApp). Dan di Januari 2021, kita membuka offline store karena respons yang positif," ujarnya kepada detikcom.

Ryan pun menjelaskan Ryan's Kitchen menghadirkan berbagai menu dengan harga terjangkau. Adapun menu andalan Ryan's Kitchen adalah burger. Sesuai tagline 'Burger Enak Murah Kenyang', di sini, pelanggan dapat menikmati burger dengan harga mulai dari Rp 15 ribu untuk original burger.

Ada pula varian burger lain seperti cheese burger, cheese burger with egg, double cheese burger, hingga hot dog yang dibanderol mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 25 ribu saja.

Mau lebih kenyang? Jangan khawatir karena Ryan's Kitchen juga punya banyak menu rice bowl dan mie ayam. Ada juga aneka snack seperti corn dog, sosis, french fries dan berbagai minuman mulai dari Rp 8 ribuan.

"Ada mie ayam jamur yang nggak pelit topping, ada juga mie baksonya pake bakso sapi sama ada bakso gorengnya juga. Seporsi sudah ada sayuran dan kuahnya mantap. Porsinya bikin kenyang. Sekalian order pangsit gorengnya yang isian daging, perfect combo," ujarnya dikutip dari Instagram/@ryans_kitchen.id

"Kalau team nasi boleh bgt coba yang Tuna Rice Bowlnya. Tunanya banyak," tambahnya.

Dengan berbagai aneka makanan terjangkau yang dihadirkan, Ryan's Kitchen dapat menjual lebih dari 1.000 porsi setiap bulannya. Omzet yang dihasilkan pun juga mencapai Rp 20 juta sebulan.

Meski demikian, Ryan mengatakan di tengah gelombang pandemi kedua, pendapatannya mengalami sedikit penurunan. Agar bisa tetap terus bertahan, Ryan pun mengikuti program Kembangkan Bisnis Kulinermu persembahan detikcom dan Kraft Heinz Food Service. Ia berharap insight yang didapat dari program ini dapat diterapkan pada bisnisnya.

"Agar kami dapat dibimbing agar usaha kami bisa lebih mantap lagi dan rasanya bisa makin oke," pungkasnya.



Simak Video "Adu Rasa 3 Burger Rp 20 Ribuan, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com