Selain Kopi, 5 Minuman Ini Bikin Mata Melek dan Tetap Fokus

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 06:00 WIB
hot chocolate Foto: Getty Images/iStockphoto/oykuozgu
Jakarta -

Kebanyakan orang akan memilih minum kopi di pagi hari untuk mengusir kantuk. Padahal selain kopi, ada alternatif minuman lain yang juga bikin mata tetap melek dan fokus.

Kopi selalu diandalkan untuk membuat mata tetap melek. Kafein pada kopi memang memiliki efek untuk membuat seseorang tetap terjaga. Kopi juga terbukti membuat otak berfungsi lebih optimal sehingga menjadikan tetap fokus.

Meskipun memiliki sederet manfaat, kopi yang dikonsumsi secara berlebihan tetaplah tidak baik. Kebanyakan minum kopi akan membuat seseorang merasa kecanduan dan tak jarang efeknya justru buruk untuk kesehatan.

Dilansir dari Times of India (26/1) sebenarnya ada beberapa alternatif pilihan minuman selain kopi yang juga bisa membuat mata tetap melek. Pilihannya meliputi matcha, smoothie hingga cokelat. Bisa pilih sesuai selera dan sama-sama memberikan efek baik untuk kesehatan.

Selain kopi, berikut beberapa minuman yang bisa membuat mata tetap melek dan tetap fokus:

1. Teh Hijau Jepang


Teh hijau Jepang atau matcha bukan hanya enak, tapi juga mengandung segudang manfaat. Minuman olahan teh hijau asal Jepang ini mengandung kafein namun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan kopi. Kafein dalam matcha ini cukup ampuh membuat mata tetap terjaga.

Cara membuatnya cukup mudah, ambil 1-2 sendok teh bubuk matcha lalu seduh dengan air panas. Aduk rata dan nikmati segera selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan susu untuk membuat matcha latte yang rasanya creamy.

Matcha juga mengandung antioksidan yang terbukti menyumbang manfaat kesehatan untuk tubuh. Aroma matcha yang lembut memberi efek menenangkan.

minuman sehat teh hijau, kopi hijau, matchaSegelas matcha Foto: iStock

2. Cokelat panas

Cokelat panas bisa dinikmati malam hari untuk memberikan efek tenang sebelum tidur. Namun ketika dinikmati pagi hari, secangkir cokelat panas mampu membantu membuat tubuh lebih berstamina dan semangat.

Kombinasi kakao dan susu adalah alternatif minuman sehat non kafein yang bisa membuat mata tetap segar. Aroma cokelat panas memiliki efek yang mirip dengan aroma kopi. Ketika dihirup pagi hari, aromanya otomatis mengundang semangat.

3. Cuka sari apel

Cuka Sari Apel adalah minuman rendah kalori yang bisa membuat mata melek karena sensasi rasanya asam segar. Minuman ini bukan hanya segar tetapi juga bisa jadi pilihan minuman untuk kamu yang sedang diet.

Cuka sari apel dibuat dari apel segar yang melalui proses fermentasi. Kandungan asam asetat dalam minuman ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Cara membuatnya juga sederhana, cukup campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk rasa yang lebih nikmat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com