Konsumsi 5 Buah Ini untuk Lancarkan BAB yang Macet

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 11 Jan 2022 05:00 WIB
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Foto: iStock
Jakarta -

Saat pencernaan tak lancar, makanan tinggi serat menjadi jawabannya. Lima buah ini menjadi yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi saat BAB tak lancar.

Buang air besar (BAB) yang lancar menjadi tanda saluran pencernaan bekerja dengan baik. Ketika ada sesuatu hal yang tak benar, gangguan pada saluran pencernaan seringkali menunjukkan gejala kesulitan buang air besar.

Biasanya ketika tidak mengonsumsi makanan yang cukup sehat atau kekurangan serat, gejala kesulitan buang air besar akan semakin parah. Ketika mulai mengalami gejala tersebut sebaiknya kamu mulai memepertimbangkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan makanan tinggi serat lainnya.

Dari sekian banyak jenis buah, ada beberapa buah tinggi serat yang direkomendasikan ahli untuk memperlancar pencernaan. Buah-buahan yang direkomendasikan ini juga cukup mudah ditemukan dan tersedia banyak di Indonesia.

Baca juga: 5 Tips Pola Makan Sehat Agar Perut Lebih Ramping

Berikut ini 5 buah yahg direkomendasikan untuk melancarkan BAB menurut Eating Well (7/1):

Pencuri Gasak Lima Ton Buah Pir di Australia Tanpa KetahuanFoto: Australia Plus ABC

1. Pir

Sebuah pir sedang berukuran 187 gram dikatakan mengandung 5,52 gram serat. Mengonsumsi hanya satu buah pir dalam sehari dikatakan para ahli mampu memenuhi hingga 22% kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Pir mengandung jenis serat larut maupun serat tak larut yang keduanya memiliki peran sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan fungsinya berjalan normal. Konsumsi buah pir secara rutin juga dianggap sebagai obat laksatif atau pelancar buang air besar secara alami yang cukup ampuh.

2. Buah Naga

Buah naga memiliki dua jenis yaitu yang merah dan yang putih. Pada 170 gram buah naga mengandung 5 gram serat yang setara dengan 20% kebutuhan asupan serat harian dan direkomendasikan dikonsumsi pada saat kesulitan buang air besar.

Buah naga sendiri menjadi jenis buah yang sangat mudah untuk dikonsumsi dan diolah. Agar lebih mudah kamu bisa menyajikan buah naga sebagai smoothie bowl pada saat sarapan maupun dimakan dalam bentuk buah potong yang segar.

Baca juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Konsumsi Gula?

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com