6 Pola Makan Sehat Ini Bikin Kamu Terlihat Lebih Muda 10 Tahun!

ADVERTISEMENT

6 Pola Makan Sehat Ini Bikin Kamu Terlihat Lebih Muda 10 Tahun!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 27 Jan 2022 07:00 WIB
ilustrasi penuaan
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Bukan hanya perawatan dari luar, nutrisi yang cukup juga berpengaruh pada penampilan tubuh. Menjalani enam pola makan sehat ini diakui ahli dapat membantu terlihat lebih muda hingga 10 tahun!

Penuaan memang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari keturunan, pola makan, hingga perawatan kulit yang dilakukan secara rutin.

Tetapi mendapatkan penampilan 10 tahun lebih muda dari usia bukanlah hal yang mustahil. Tak sekadar perawatan pada kulit, tetapi mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh juga penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa nutrisi penting yang dikatakan oleh ahli menjadi kunci utama untuk merawat keremajaan kulit. Menjalani pola makan yang rutin dengan memerhatikan beberapa asupan penting bisa membuatmu tampil lebih muda.

Baca juga: Sempat Viral karena Getok Harga, Pedagang PKL Malioboro Akan Digusur Pekan Ini

Berikut ini 6 pola makan sehat agar tampil lebih muda menurut Eat This, Not That (24/1):

Assortment  different types of beansProtein nabati dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Salah satu sumber protein nabati ini adaah beragam jenis kacang-kacangan. Foto: Thinkstock

1. Perbanyak protein nabati

Tidak hanya baik untuk membantu pembentukan otot, konsumsi protein juga baik untuk perbaikan dan peremajaan sel-sel tubuh. Terutama protein yang terkandung dalam asupan bahan nabati diungkapkan mengandung kolagen yang baik untuk membantu kulit menjadi kenyal, elastis, dan terlihat awet muda.

Mitchelle Wright selaku ahli gizi sekaligus editor di Kitchenvile.com mengungkapkan pentingnya kolagen untuk tubuh. "Kolagen diproduksi secara alami oleh tubuh tetapi kemampuan produksinya akan berkurang seiring bertambahnya usia. Bagaimanapun konsumsi makanan tinggi kolagen dapat membantu membuat kulit tampak sehat dan lebih muda," kata Wright.

2. Konsumsi tomat

Ada frasa yang mengatakan konsumsi satu buah tomat sehari dapat membuat dokter bedah plastik menjauh. Ternyata maksud dari frasa tersebut adalah kandungan alami tomat yang dapat mempercantik kulit secara alami tanpa sentuhan medis yang harus mengubahnya.

"Kandungan berwarna merah yang ada pada tomat bernama lycopene, sebuah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Kamu akan mendapatkan banyak (lycopene) dengan mengonsumsi tomat baik secara segar maupun tomat dalam bentuk pasta atau saus," kata Amy Gorin selaku ahli gizi.

Baca juga: 5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai



Simak Video "Manis Empuk Roti Bantal dengan Berbagai Isian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT