Sebelum Jadi Vegetarian, Kenali Dulu 6 Jenis Vegetarian Ini

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 26 Jan 2022 05:00 WIB
diet vegetarian dalam Islam Foto: iStock
Jakarta -

Bukan sekadar makan sayur, vegetarian ternyata terbagi dalam banyak jenis. Enam jenis vegetarian ini perlu kamu ketahui sebelum memutuskan jadi vegetarian.

Tren pola diet sehat semakin hari semakin populer. Pelaku diet vegan dan vegetarian semakin banyak tiap harinya, seiring bertambahnya minat masyarakat terhadap hidup sehat.

Vegetarian sebanarnya bukan hanya sekadar menghindari konsumsi bahan hewani dan hanya mengonsumsi sayur semata. Beberapa pelaku vegetarian juga ada yang mengonsumsi hewan-hewan tertentu hingga berbagai produk hewan yang masih dikonsumsi secara rutin.

Vegetarian sebenarnya bisa dikatakan sebagai salah satu pola diet yang unik karena di dalamnya terdapat beberapa sub kategori yang bisa disesuikan dengan selera dan kebutuhan tubuh pelakunya. Ada yang benar-benar makan sayur saja hingga boleh makan berbagai makanan secara bebas yang masih dikategorikan sebagai vegetarian.

Baca juga: 5 Tips Diet DJ Katty Butterfly yang Berhasil Turun BB 30 Kg

Berikut ini 6 jenis vegetarian yang perlu diketahui sebelum menjalankan diet vegetarian menurut Times of India (19/1):

pelayaran veganJadi salah satu bagian dari diet vegetarian, pelaku vegan tidak diperbolehkan mengonsumsi bahan makanan hewani dan hanya konsumsi makanan nabati. Foto: AFP/iStock

1. Vegan

Vegan menjadi salah satu jenis vegetarian yang paling populer dan dikenal banyak orang. Sebenarnya banyak sekali yang mengatakan bahwa vegan bukan sekadar diet. Vegan juga termasuk ke dalam gaya hidup yang dipilih seseorang untuk dilakukan dalam waktu yang panjang.

Bukan hanya tidak mengonsumsi produk hewani dan produk olahan turunannya, pelaku vegan juga tidak menggunakan pakaian, tas, produk riasan wajah, dan yang lainnya yang melibatkan hewan dalam segala prosesnya. Pelaku vegan benar-benar hanya akan menyentuh makanan dan barang-barang yang sepenuhnya nabati dan tidak melibatkan sedikit pun kehadiran hewan di dalam prosesnya.

2. Ovo-Vegetarian

Hampir mirip dengan vegan, ovo-vegetarian juga tidak akan pernah menyentuh produk hewani seperti daging, unggahan susu atau bahkan makanan laut dalam pola dietnya. Kecuali makanan-makanan yang disebutkan tadi diciptakan tiruannya yang menggunakan bahan-bahan nabati.

Tetapi ovo-vegetarian masih memperbolehkan pelakunya untuk mengonsumsi telur ayam. Baik dalam keadaan segar maupun telur ayam yang terdapat pada berbagai produk olahan makanan seperti roti, mie atau yang lainnya.

Baca juga: 5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com