Hari Gizi Nasional 2022, Ini 5 Pola Makan Sehat untuk Cegah Obesitas

Riska Fitria - detikFood Selasa, 25 Jan 2022 15:30 WIB
Pola makan cegah obesitas Foto: iStock
Jakarta -

Mencegah obesitas dalam rangka Hari Gizi Nasional 2022 ini bisa dilakukan dengan menjalani pola makan sehat. Beberapa pola makan sehat ini bisa jadi panduan.

Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Adanya Hari Gizi Nasional ini ditujukan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak untuk lebih sehat dengan gizi seimbang.

Setiap perayaan Hari Gizi Nasional selalu memiliki tema. Tahun ini tema yang diusung adalah 'Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas'.

Obesitas merupakan kondisi dengan berat badan berlebih, dan angka obesitas di Indonesia terbilang tinggi. Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, prevalensi obesitas mencapai 10,5 persen.

Kemudian, Lima tahun berselang angka obesitas meningkat menjadi 14,8 persen. Karenanya obesitas harus dicegah dengan menjalani pola makan sehat.

Dilansir dari Very Well Health, berikut 5 pola makan sehat untuk mencegah obesitas:

1. Hindari Makanan Olahan

Pola makan cegah obesitasMakanan olahan harus dihindari untuk mencegah terjadinya obesitas Foto: iStock

Makanan olahan merupakan makanan yang telah melewati proses mulai dari pemanasan, pengeringan, pengalengan, pembekuan, pengemasan dan sebagainya.

Proses tersebut biasanya menyebabkan adanya zat aditif yang bisa menghilangkan kandungan gizi pada suatu bahan makanan. Misalnya kalori pada roti putih dan camilan bisa bertambah pesat.

Sementara itu, kalori dapat menambah berat badan. Seperti yang ditemukan oleh studi pada tahun 2019, di mana subjek yang ditawari diet olahan tinggi mengonsumsi lebih banyak kalori.

Berbeda dengan mereka yang ditawari diet olahan dengan asupan rendah, maka akan mengasup sedikit kalori. Bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas dan Jaga Tubuh Tetap Sehat

2. Kurangi Konsumsi Gula

Pola makan cegah obesitasPola makan cegah obesitas bisa dilakukan dengan mengurangi asupan gula Foto: iStock

Penting untuk menjaga asupan gula agar tetap rendah. The American Heart Association merekomendasikan asupan gula tambahan tidak melebihi enam sendok teh setiap hari pada wanita.

Sementara pada pria tidak lebih dari 9 sendok teh. Biasanya orang menggunakan gula tambahan pada minuman termasuk minuman soda dan minuman energi. Selain itu, juga pada camilan dan dessert.

Mulai dari es krim, kue kering, permen, pai, susu dansemisalnya. Gula merupakan jenis karbohidrat sederhana yang bisa menambah berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kafe Gelato Pet Friendly yang Estetik di Kemang Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com