ADVERTISEMENT

5 Bahan Alami Ini Bisa Cerahkan Ketiak yang Hitam

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 24 Jan 2022 10:30 WIB
Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Bahan Alami
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ketiak hitam menjadi salah satu permasalahan banyak wanita. Untuk mencerahkannya, kamu bisa menggunakan racikan dari makanan atau bahan alami.

Selain wajah mulus, ketiak yang cerah juga menjadi hal yang dapat menunjang penampilan setiap wanita. Ketiak bisa menghitam karena beberapa faktor. Mulai dari pemakaian deodoran, bekas mencukur, dan lainnya.

Ketiak hitam membuat banyak wanita tak percaya diri. Kini tak perlu bingung lagi untuk mengatasinya, karena kamu bisa menggunakan makanan dan bahan alami lainnya.

Baca Juga: Dikecam Netizen! Ini 5 Aksi Ekstrem Makan Gurita Hidup

Dilansir dari First Cry Parenting dan Lovely Asia, berikut bahan alami yang dapat mencerahkan ketiak hitam.

1. Kunyit Bubuk

Kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan untuk bumbu dan pewarna alami masakan. Selain itu, bubuk kunyit kerap digunakan untuk kecantikan, termasuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam.

Kamu bisa menggunakan kunyit parut atau kunyit bubuk. Kunyit ini diracik bersama susu dan madu hingga teksturnya mirip seperti pasta.

Aplikasikan racikan pasta kunyit ke area ketiak secara merata. Setelah itu diamkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Gunakan racikan pasta kunyit ini secara rutin sampai ketiak cerah.

2. Lemon

Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Bahan AlamiLemon dapat mencerahkan ketiak hitam Foto: Getty Images/iStockphoto

Jeruk lemon biasanya diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Karena mengandung vitamin C tinggi yang berperan sebagai zat antioksidan.

Lemon juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Tak heran buah bercita rasa asam ini kerap menjadi bahan dasar produk perawatan wajah. Selain wajah, lemon bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak.

Caranya dengan menggosokkan lemon ke area ketiak yang hitam. Gosok secara merata selama 10 menit, setelah itu bilas ketiak hingga bersih. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kocak! 7 Chat Ojol dengan Pelanggan Ini Sukses Bikin Ngakak

3. Kentang

Kentang umumnya dinikmati sebagai pengganti nasi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Biasanya diolah menjadi mashed potato, kentang goreng, atau direbus.

Selain diolah menjadi makanan yang mengenyangkan, kentang juga bermanfaat untuk mencerahkan ketiak yang menghitam. Parut kentang sampai halus dan ambil ekstraknya.

Setelah itu diamkan kapas di atas ekstrak kentang sampai menyerap. Kemudian tempelkan kapas itu ke area ketiak. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Mentimun

Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Bahan AlamiMentimun dapat digunakan rutin untuk mencerahkan ketiak hitam Foto: Getty Images/iStockphoto

Mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan wajah. Karena dapat memberikan efek yang menyegarkan dan menenangkan. Salah satu manfaatnya untuk mencerahkan ketiak.

Untuk mencerahkan ketiak dengan mentimun, kamu bisa mengirisnya lalu tempelkan ke area ketiak. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Bahan AlamiMinyak kelapa murni bisa dioleskan untuk mencerahkan ketiak hitam Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satu minyak yang memiliki manfaat sehat adalah minyak kelapa karena terbuat dari kelapa murni. Minyak nabati ini banyak digunakan untuk perawatan kulit dan wajah. Baik juga digunakan untuk mencerahkan ketiak.

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi mencerahkan dan meratakan warna kulit. Fungsi lainnya dapat melembabkan dan menghidrasi kulit wajah maupun ketiak.

Salah satu penyebab ketiak menghitam karena dicukur. Agar menenangkan kulit ketiak yang telah dicukur, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke area ketiak supaya tidak menghitam.

Baca Juga: Sehari Penuh Netizen Ini Tiru Makan ala Salt Bae Pakai Lembaran Emas



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT