Kopi Hitam dan Dark Chocolate Disebut Lebih Sehat? Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 24 Jan 2022 06:00 WIB
Kopi Hitam dan Dark Chocolate Disebut Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi hitam dan dark chocolate sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya sehatnya. Seorang peneliti di Amerikamengungkapkan alasannya.

Ada beragam jenis minuman kopi yang dikonsumsi oleh penikmatnya. Mulai dari espresso yang hitam pekat tanpa tambahan apapun hingga frappuccino yang ditambah susu dan gula.

Kalau ingin minuman kopi yang lebih sehat, jawabannya tentu saja mengonsumsi kopi hitam. Kopi hitam tanpa tambahan gula, krimer atau susu.

Dark chocolate juga bisa dijadikan minuman sehat. Memang rasanya lebih pahit karena cokelat ini dibuat dengan kandungan cacao mass lebih dari 60%.

Baca Juga: Demi Cicip Babi Guling, Bule Ini 'Korbankan' Diet Vegetarian yang Ia Jalani

Kopi Hitam dan Dark Chocolate Disebut Lebih SehatKopi Hitam Disebut Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Berdasarkan riset terbaru penggemar kopi hitam juga cenderung menyukai dark chocolate atau cokelat hitam. Hal ini berkaitan dengan selera dan kesehatan tubuh.

Menurut Marilyn Cornelis, penulis studi Associate Professor of Preventive Medicine Northwestern University hal itu secara umum berkaitan dengan varian genetik.

Riset yang dilakukan menunjukkan penggemar kopi yang lebih cepat memetabolis kafein lebih menyukai rasa pahit. Varian genetik yang sama juga ada pada penggemar dark chocolate daripaka milk chocolate.

Kedua bahan ini ternyata banyak dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Minuman yang terbuat dari dua bahan ini disebutkan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Apa alasannya?

Kopi Hitam dan Dark Chocolate Disebut Lebih SehatDark Chocolate Disebut Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Ramai Diantre! 5 Makanan di ITC Mangga Dua Ini Viral di TikTok

Selain adanya kandungan kafein, kopi hitam dan dark chocolate juga mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat tersebut membantu dalam menjaga imunitas tubuh, sehingga tubuh tetap bugar dam sehat. Dark chocolate mengandung sedikit kafein terutama theobromine yang mengandung kafein.

Dikutip dari US News (30/12) manfaat lain dari mengonsumsi kopi hitam dan dark chocolate yaitu menurunkan berat badan saat melakukan program diet. Selain itu, kopi hitam dan dark chocolate juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin kalau ingin hasilnya terasa maksimal. Batas asupan minum kopi hitam dan dark chocolat adalah 2-4 cangkir saja per harinya. Sebagai informasi kandungan kafein tiap 100 g kopi adalah 40 mg dan 100 g dark chocolate sebanyak 80 mg kafein.

Baca Juga: Netizen Berdebat Usai Lihat Daftar Belanja Rp 2,9 Juta/Bulan untuk 3 Orang



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com