Netizen Berdebat Usai Lihat Daftar Belanja Rp 2,9 Juta/Bulan untuk 3 Orang

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 15:30 WIB
Netizen Berdebat Usai Lihat Daftar Belanja Rp 2,9 Juta/Bulan untuk 3 Orang Foto: Twitter @workfess/iStock
Jakarta -

Rencana keuangan untuk belanja kebutuhan sehari-hari mulai dari beras hingga sayuran sering jadi topik hangat. Seperti rencana keuangan super hemat yang satu ini.

Topik seputar rencana keuangan untuk belanja bulanan kerap diminati netizen. Tak hanya di Facebook, di Twitter pun orang-orang ramai membahas tentang rencana keuangan untuk belanja kebutuhan hidup sehari-hari selama sebulan.

Salah satunya dipicu unggahan foto berisi rencana keuangan keluarga super hemat yang diperuntukkan bagi pasangan suami istri dan satu anak. Foto ini dibagikan oleh akun Twitter @worksfess (22/01).

Dengan estimasi pendapatan Rp 3 juta per bulan dan gaji harian sebanyak Rp 100.000 per hari, penulisnya membuat skema belanja bulanan. Namun harga-harga yang dicantumkan dalam rencana keuangan itu bikin netizen berdebat.

"Beras 10kg harga Rp 80 ribu. 3 gas harga Rp 38 ribu, 2 galon (air mineral) Rp 38 ribu, gula 1 kg harga Rp 13 ribu, lauk dan sayur budget Rp 20 ribu/hari jadi sebulan Rp 620 ribu," isi sebagian rencana keuangan yang cukup panjang tersebut.

Tak hanya itu saja, rencana keuangan ini juga menuliskan bahan makanan sehari-hari. Seperti minyak, kopi, dan sebagainya. Dilengkapi juga daftar belanja seperti alat-alat mandi, sabun cuci piring, pulsa, listrik dan masih banyak lagi.

Netizen Berdebat Usai Lihat Daftar Belanja Rp 2,9 Juta/Bulan untuk 3 OrangRencana keuangan untuk belanja bulanan Foto: Twitter @workfess/iStock

Total semuanya Rp 2,9 juta, sudah termasuk dengan budget cicilan, sedekah, jajan, biaya perawatan kecantikan istri dan suami, serta biaya darurat.Bahkan masih ada sisa sekitar Rp 8,500 yang digunakan sebagai tabungan.

Biaya keuangan yang super hemat ini dianggap tidak masuk akal oleh banyak netizen. Menurut mereka harga makanan dan kebutuhan itu terlalu murah, dibandingkan harga aslinya di pasaran.

"Lauk dan sayur harga Rp 20 ribu per hari, masak untuk tiga kali makan dan untuk tiga orang? Jadi seorangnya untuk sarapan, makan siang dan makan malam cuma Rp 6 ribu? Hebat banget," tanya @kap** penasaran.

"Ini beneran diukur apa ngarang-ngarang ya soal kebutuhan rumah tangganya? Kayak gak mungkin sehemat ini, apalagi ada tiga orang. Kalau sendiri ya mungkin masih masuk akal," komen @op**.

"Ini berlaku buat yang tinggal di desa gitu kali yah? Kalau tinggal di kota besar kayanya gak mungkin banget listrik Rp 25 ribu. Sayur lauk cuma Rp 20 ribu, beli tahu tempe doang kayanya. Kalau pengen ayam, sekarang sekilonya aja Rp 40 ribu," komplain @wul**.

Meski mengundang pro dan kontra, banyak juga netizen yang membela rincian keuangan ini karena dianggap bisa disesuaikan dengan situasi orang-orang yang tinggal di daerah desa.

"Kenapa jadi banyak yang nyinyir ya, padahal kan bisa aja harga makanan dan kebutuhan di desa atau di kota tertentu memang lebih murah, dan gak semahal di kota-kota besar. Duh," bela salah satu netizen.

Sampai saat ini cuitan tentang daftar belanja sudah mendapatkan lebih dari 38,8 ribu likes dan mendapatkan ribuan komentar.

Sebelumnya ada juga kisah serupa. Di mana seorang pria memberikan tips hemat belanja bulanan seminggu dengan budget Rp 50 ribu seminggu yang langsung diserang oleh emak-emak di media sosial.



Simak Video "Modal Rp 25 Ribu Bisa Kenyang Makan Ayam-Lele di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com