ADVERTISEMENT

Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja Sebulan

Devi Setya - detikFood
Kamis, 04 Nov 2021 13:30 WIB
Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja Sebulan
Foto: instagram @feti_ira36
Jakarta -

Seorang ibu rumah tangga membagikan pengalamannya berhemat dalam belanja bulanan. Ia bahkan hanya memerlukan uang Rp 700 hingga Rp 800 ribuan untuk belanja makanan sebulan.

Wanita bernama Feti Ira punya pengalaman yang menarik untuk dibagikan. Ia berhasil mengatur pengeluaran rumah tangga dengan budget minimal namun semua kebutuhan terpenuhi.

Lewat akun instagramnya @feti_ira36 ibu dua anak ini menunjukkan rencana pengeluaran bulanan. Di sini ia mencantumkan penghasilan bulanan dari ia dan sang suami yakni Rp 2,7 juta.

Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja SebulanHemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja Sebulan Foto: instagram @feti_ira36

Dari uang ini Feti Ira membagi pengeluaran pokok dalam tiga bagian yakni pengeluaran kewajiban, kebutuhan wajib dan kebutuhan lain. Untuk pengeluaran kewajiban Feti mematok uang Rp 1.550.000 dengan rincian biaya cicilan rumah, listrik, air, SPP anak serta pulsa ia dan suami.

Sementara kebutuhan wajib terdiri dari biaya belanja bulanan. Termasuk biaya makan untuk sebulan penuh. Biaya belanja bulanan ini dialokasikan sebanyak Rp 790 ribu untuk digunakan membeli gas, belanja bulanan, belanja mingguan serta biaya kebutuhan anak.

Dan ada juga kebutuhan lain senilai Rp 190 ribu yang digunakan sebagai biaya jajan anak serta bensin. Dari total pengeluaran ini, Feti masih bisa menyisihkan uang Rp 170 ribu yang digunakan untuk sedekah, dana darurat, tabungan untuk family time serta untuk orang tua.

Pada budgeting bulan November 2021 ini juga Feti menjelaskan ia tidak membeli beras karena ia masih memiliki stok beras dari sang mertua.

Dalam beberapa postingan fotonya juga Feti menunjukkan menu makanan hariannya yang dibeli dengan budget hemat. Ternyata Feti terbilang cukup pandai mengolah makanan.

Dalam sehari ia bisa memasak sayur, lauk dan makanan pelengkap seperti tahu dan tempe. Dalam sehari, rata-rata Feti hanya menghabiskan uang Rp 10 ribu untuk masak. Menunya ada ayam goreng, sayur asem, sayur sop, ikan balado hingga tempe bacem.

Semua dimasak dalam porsi cukup untuk makan 2 orang dewasa dan satu anak-anak. Feti juga menyiasati belanja bahan makanan ini secara mingguan agar lebih hemat.

Ketika dihubungi detikcom (4/11) wanita yang tinggal di Pekalongan ini mengatakan semua anggaran belanja ini dibuat sesuai pengalamannya. Ia juga meminta untuk tidak membandingkan harga makanan yang ia bagikan dengan harga di kota lain.

"Kalau membahas soal keuangan memang selalu pro dan kontra ya. Tapi di sini aku cuma berusaha untuk berbagai cerita aku aja," kata Feti.

Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja SebulanHemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja Sebulan Foto: instagram @feti_ira36

Bukan hanya lewat Instagram, Feti juga kerap membuat konten soal budgeting belanja ini dalam bentuk video. Ia membagikan lewat channel Youtubenya Feti Ira. Di sini juga dijelaskan lebih detail untuk jenis makanan dan masakannya.

Feti juga kerap berbagi menu masakan yang ia buat untuk jadi santapan ia dan sang suami.

"Cukup tidaknya penghasilan itu tergantung cara mengelolanya. Mau berpenghasilan besar atau kecil sama saja. Selain bersyukur, juga harus ikhlas. biasanya ilmu iklas itu lebih sulit daripada bersyukur," pungkas Feti.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Taromissyu, Dessert ala Kafe yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT