6 Menu Sarapan Paling Baik untuk Penderita GERD

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 20 Jan 2022 05:00 WIB
Manfaat Pisang untuk Wanita Foto: Thinkstock
Jakarta -

Penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) tak boleh sembarang makan. Untuk sarapan, ada beberapa menu yang cocok dikonsumsi agar asam lambung tak naik.

Meski sama-sama punya GERD, belum tentu makanan pemicu asam lambung naik yang kamu alami akan sama dengan pasien GERD lain. Kamu harus mengenali jenis-jenis makanan yang akan memicu asam lambung naik dan heartburn.

"Sangat penting menuliskan catatan harian makanan untuk menentukan makanan pemicu asam lambung," ujar Starr Steinhilber, internis dan asisten profesor kedokteran di UAB School of Medicine, seperti dikutip LiveStrong.

Berikut rekomendasi menu sarapan aman dan paling baik untuk penderita GERD agar asam lambung tak naik.

1. Buah atau jus rendah asam

Buah baik buah potong maupun jus buah umum dikonsumsi saat memulai hari. Namun orang dengan GERD tentu harus pikir panjang sebab tak jarang, buah malah memicu asam lambung naik.

Sebenarnya, orang dengan GERD tetap bisa menjadikan buah sebagai menu sarapan. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, jika buah termasuk buah-buahan dengan asam tinggi termasuk, nanas, jeruk grapefruit, kiwi dan jenis buah sitrus lain, sebaiknya dihindari.

Buah-buahan dengan asam tinggi akan mengakibatkan mulas dan mengaktifkan enzim pencernaan pepsin yang bisa merusak lapisan kerongkongan. Sebaiknya pilih buah-buahan rendah asam seperti apel, pisang, semangka, dan blewah.

Cara hilangkan lapisan lilin pada apel6 Menu Sarapan Paling Baik untuk Penderita GERD Foto: iStock

2. Oatmeal

Sarapan oatmeal sering disandingkan dengan mereka yang sedang menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebih di siang hari. Oatmeal pun ramah buat penderita GERD.

Sebagaimana dilansir Healthline, studi menemukan oatmeal berkaitan dengan risiko asam lambung naik lebih rendah. Di samping oatmeal, sarapan tinggi serat dan ramah GERD seperti roti biji-bijian dan nasi.


3. Putih telur

Roti tawar gandum dan poached egg atau telur rebus sederhana rasanya sudah cukup membuat perut kenyang. Telur memang cocok dijadikan menu apapun baik direbus, digoreng atau ditumis jadi orak-arik.

Namun penderita GERD sebaiknya menghindari bagian kuning telur. Kenapa? Kuning telur lebih tinggi kandungan lemak dan berisiko memicu asam lambung berbalik ke kerongkongan.

4. Ubi

Sesekali ganti menu sarapan roti dengan ubi. Ubi merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat dan aneka nutrisi. Ini salah satu sarapan yang baik buat penderita GERD.

Akan tetapi Anda harus tetap memperhatikan cara penyajiannya. Jika ubi digoreng, Anda justru 'menyuntikkan' banyak lemak sehingga asam lambung naik. Ubi akan lebih baik dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus.

Menu makanan lain yang cocok bat penderita GERD bisa dilihat di sini !




Simak Video "Mantan Personel JKT48, Kini Jual Nasi Bakar Ludes 150 Porsi Dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com